Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Metode Alat Kontrasepsi Yang Sangat Penting Diketahui

Metode Alat Kontrasepsi
Bunda, tidak semua alat untuk kontrasepsi itu cocok lho untuk bunda. Dalam usaha untuk menunda kehamilan, memang berbagai macam dan metode alat kontrasepsi beraneka ragam disuguhkan. Akan tetapi, penggunaannya harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi dari bunda. Cocok atau tidak penggunaan alat kontrasepsi tersebut akan tergantung pada kondisi kesehatan bunda secara menyeluruh. Selain itu, frekuensi aktifitas seksual, usia, dan juga riwayat penyakit juga akan berpengaruh terhadap cocok atau tidaknya.

Menurut nichd.nih.gov, beberapa jenis dari metode  alat kontrasepsi wanita dan juga pria disediakan dalam bentuk berikut ini. Metode Barrier merupakan metode yang dirancang agar bisa mencegah masuknya sperma ke dalam rahim. Contoh atau jenis alat yang termasuk ada metode ini adalah kondom pria, kondom wanita, dan juga diafragma.

Selain itu, terdapat pula metode hormonal. Metode tersebut termasuk kontrasepsi yang menggunakan hormon sebagai pengatur ovulasi agar mencegah kehamilan. Hormon tersebut bisa dimasukkan ke tubuh dengan beberapa cara. Misalnya dengan suntikan, pil, gel utransdermal, ataupun patch kulit.

Metode Intrauterine merupakan metode ketiga yang biasanya ditemui di masyarakat. Metode ini dikenal sebagai alat kontrasepsi iud atau terkenal dengan sebutan spiral.

Metode ini merupakan penggunaan alat yang berbentuk T serta dimasukkan ke dalam rahim sebagai alat pencegah kehamilan. Alat Kontrasepsi IUD bisa berfungsi selama bertahun-tahun. Bahkan bisa sampai 12 tahun. Alat kontrasepsi tersebut tidak dianjurkan untuk wanita yang mempunyai infeksi panggul ataupun memiliki masalah yang berhubungan dengan rahim selama terjadinya insersi IUD pada masa sebelumnya.

Yang terakhir yaitu dengan sterilisasi. Metode tersebut merupakan metode control kelahiran yang permanent untuk mencegah kehamilan. Contoh dari jenis sterilisasi adalah dengan ligasi tuba, implant sterilisasi, dan vasektomi. Sterilisasi tersebut biasanya dilaksanakan dengan pembedahan.

Nah sekarang sudah tahu kan metode-metode apa saja yang biasanya digunakan oleh para wanita agar menunda kehamilan. Menunda kehamilan mungkin bisa dilakukan ketika kedua pasangan benar-benar belum siap untuk menerima momongan. Hal ini bisa dibantu dengan mengunakan alat kontrasepsi yang tepat dan aman. Tepat saja tidak cukup karena setiap alat kontrasepsi pastinya akan mempunyai efek samping.

Oleh karenanya, berlaku bijak ketika memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi sangat diperlukan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara konsultasi kepada dokter sebagai ahlinya masalah kandungan. Dengan cara seperti ini, keputusan Anda dan pasangan akan lebih tepat dan aman.

Ringkasan:
  • Tidak semua alat kontrasepsi cocok untuk masing-masing wanita
  • Kecocokan bisa tergantung pada usia, aktivitas seksual, serta riwayat penyakit
  • Beberapa metode kontrasepsi yang Beredar di masyarakat adalah seperti Metode Barrier, Metode Hormonal, Metode Intrauterine, dan Sterilisasi.
  • Konsultasikan ke dokter ketika ingin memprogram penundaan kehamilan dengan alat kontrasepsi

Post a Comment for "Metode Alat Kontrasepsi Yang Sangat Penting Diketahui"