Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Alat Kontrasepsi Untuk Kesehatan

Alat Kontrasepsi
Manfaat Alat Kontrasepsi banyak orang yang sudah berumah tangga adalah untuk menghindari terjadinya kehamilan yang tidak diinginkan. Pada umumnya, kontrasepsi ini sering dilakukan untuk menekan jumlah kelahiran atau memberikan jarak kelahiran. Namun, tahukah anda apabila ternyata Alat kontrasepsi juga bisa berguna untuk kesehatan? Bagi anda yang ingin mengetahuinya, simak informasinya dibawah ini.

Mungkin tak banyak orang yang tau, jika manfaat kontrasepsi bagi pasangan cukup banyak bagi kesehatan. Salah satunya adalah alat kontrasepsi yang aman seperti pil KB. Secara garis besar, pil ini mempunyai kandungan hormon progesteron dan estrogen yang gunanya untuk mengurangi aktivitas rahim dan menghambat terjadinya ovulasi. Karena penghambatan inilah, pembentukan kista yang berada dalam payudara dan rahim dapat ditekan keberadaannya. Selain itu, kanker rahim dan tumor pun dapat dicegah.

Meningkatnya hormon progesteron karena penggunaan pil Kb ini juga akan menjadikan lendir pada bagian leher rahim lebih kental. Dengan begitu, masuknya sperma dan kuman dapat dicegah sehingga  terhindar dari berbagai penyakit kelamin.

Jika ditinjau dari fungsinya, penggunaan alat kontrasepsi ini bisa digunakan untuk mengurangi jumlah kelahiran dan juga mengatur jarak kelahiran. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bagi ibu, menggunakan kontrasepsi ini akan memberikan sejumlah manfaat, seperti dapat memperbaiki kualitas kesehatan dari si ibu. Hal ini dikarenakan, penggunaan kontrasepsi dapat mencegah kehamilan yang berulang dalam jangka waktu terlalu pendek.

Selain karena hal diatas, penggunaan kontrasepsi ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental serta sosial bagi ibu. Karenanya, setelah ibu melahirkan memiliki cukup waktu untuk mengasuh buah hati dengan baik, melakukan aktivitas lainnya dan tentu saja beristirahat. Karena alasan inilah, bisa dibilang kontrasepsi ini cukup bermanfaat untuk kesehatan ibu.

Tak hanya itu, ternyata penggunaan alat kontrasepsi KB ini juga dapat memberikan dampak baik bagi sang anak. Bagaimana tidak? Dengan pengaturan jarak kelahiran ini, tentu saja ibu dapat mengatur pemberian ASI eksklusif untuk sang anak. Sudah barang tentu hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi si anak.

Dengan pemberian ASI yang cukup, tentu kesehatan anak akan lebih terjamin dan terjaga. Selain itu, kecerdasan dan perkembangan imun anak juga lebih baik dengan pemberian ASI. bahkan, dengan mengatur jarak dengan penggunaan kontrasepsi ini, akan menjadikan tumbuh kembang mental anak menjadi cukup baik, karena ibu dapat memberikan perhatian lebih kepada anaknya tanpa harus memperhatikan yang lain.

Nah, demikianlah ulasan mengenai manfaat dari alat kontrasepsi ini. Semoga bermanfaat bagi para ibu yang ingin mengatur jarak kehamilan menggunakan kontrasepsi.

Ringkasan:
  • Penggunaan alat kontrasepsi dapat memberikan banyak manfaat kesehatan untuk ibu.
  • Dengan menggunakan kontrasepsi, dapat menekan jumlah kelahiran dan dapat mengatur jarak kelahiran antara anak yang satu dan lainnya.
  • Menggunakan alat kontrasepsi tak hanya baik bagi ibu, tapi juga untuk tumbuh kembang, sistem imun dan kecerdasan anak.

Post a Comment for "Manfaat Alat Kontrasepsi Untuk Kesehatan"