Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beda Ikan Sarden dengan Ikan Mackerel yang ditarik BPOM karena Mengandung Cacing

Ikan Sarden vs Ikan Mackerel
Sehubungan dangan ditariknya 27 produk Ikan Mackerel Kalengan yang positif mengandung cacing parasit jenis Anisakis sp, masyarakat tentu harus berhati-hati dalam memilih produk siap saji. Sampai saat ini mungkin masyarakat awam masih belum tahu mengenai Daftar 27 Merk Ikan Mackerel Kalengan yang di Tarik BPOM, bahkan mungkin ada beberapa masyarakat yang juga menganggap bahwa Ikan Sarden Kalengen juga mengandung parasit cacing tersebut.

Produk ikan kalengan termasuk salah satu makanan olahan favorit yang biasa dikonsumsi masyarakat. Ikan olahan dengan tambahan saus yang dikemas dalam kaleng ini bisa berisi ikan Mackerel atau ikan sarden. Meski kebanyakan masyarakat menyebut keduanya sebagai ikan sarden, namun sebenarnya ikan sarden dan ikan Mackerel adalah dua jenis ikan yang berbeda.

Pada artikel ini Tips Kesehatan Keluarga Bunda akan menjabarkan perbedaan antara Ikan Sarden dengan Ikan Mackerel yang pada beberapa merk ditarik BPOM karena Mengandung Cacing, yang diantaranya adalah :

1. Sarden dengan Mackerel Jenis ikan berbeda

Ikan Mackerel merupakan jenis ikan yang banyak di laut Atlantik dan masuk dalam keluarga ikan kembung dan tenggiri atau masuk dalam klan Scombridae. Sedangkan Ikan Sarden termasuk jenis ikan kecil yang banyak hidup di laut mediterania yang masuk dalam keluarga Clupeidae. Ikan Sarden termasuk ikan yang mengandung minyak tinggi, berukuran kecil dan sering disebut ikan herring.

2. Bentuk dan ukuran Ikan Sarden dengan Ikan Mackerel berbeda

Ikan Mackerel memiliki tubuh ramping, memanjang terdapat garis hitam memanjang dan mempunyai ukuran lebih besar. Sedangkan ikan saden mempunyai tubuh yang dilapisi sisik berwarna perak dengan bagian daging berwarna gelap dan masuk dalam kelompok ikan berukuran kecil.

3. Harga Ikan Sarden dengan Ikan di pasaran

Ikan Mackerel hidup di perairan dalam dan lebih sulit ditangkap, hal ini membuat harganya yang lebih mahal. Ikan sarden hidup berkelompok, populasinya sangat banyak, lebih mudah ditangkap sehingga harganya lebih terjangkau.

4. Ikan Sarden kalengan aman dikonsumsi

Merujuk dari Daftar 27 Merk Ikan Mackerel Kalengan yang di Tarik BPOM sampai saat ini, maka Ikan sarden kalengan aman dikonsumsi. Tetapi tetap harus dimasak dengan suhu tinggi sebelum dikonsumsi dan sebaiknya di lakukan pengecekan terlebih dahulu.

Ringkasan:
  • Ukuran Ikan Sarden lebih kecil dibandingkan Tubuh Ikan Mackerel yang mengandung cacing berbahaya,
  • Harga Ikan Ikan Sarden lebih terjangkau dibandingkan dengan harga Ikan Mackerel,
  • Dari daftar yang dikeluarkan BPOM sampai saat ini Ikan Sarden Kalengan Aman dikonsumsi.

Post a Comment for "Beda Ikan Sarden dengan Ikan Mackerel yang ditarik BPOM karena Mengandung Cacing"