Home » , , » Penyebab dan Pengobatan Nyeri Menstruasi

Penyebab dan Pengobatan Nyeri Menstruasi

Tidak sedikit Wanita mengalami nyeri menstruasi atau dismenore, bahkan beberapa mengalaminya sampai dengan beberapa hari menjelang atau awal menstruasi. Nyeri ini biasanya terasa di perut bagian bawah atau tengah dan mungkin akan menjalar sampai hingga ke pinggul, punggung dan paha. Tingkat keparahan nyeri yang dirasakan bervariasi antar wanita dan antar  menstruasi pada wanita yang sama. Pada suatu saat, bisa saja nyeri hampir tidak terasa, namun di waktu yang lain bisa sangat hebat disertai kejang, demam, pusing, lemas dan berbagai gangguan lambung seperti mual, muntah, bahkan diare.

Zat yang disebut prostaglandin adalah yang menyebabkan anda mengalami Nyeri Menstruasi. Zat ini diproduksi oleh tubuh dan ditemukan dalam lapisan rahim. Saat awal menstruasi, zat ini merangsang kontraksi untuk melepaskan lapisan rahim, sehingga menyebabkan kram yang dirasakan pada bagian perut. Pembuluh arteri dan vena akan mengembang, dengan tujuan darah haid lebih mudah dikeluarkan. Namun, hal tersebut bisa juga disebabkan karena tekanan darah menurun sehingga menyebabkan rasa lemas dan pusing.

Prostaglandin juga memicu kontraksi dan spasme otot polos di saluran gastro-intestinal, sehingga menimbulkan gejala mual, muntah bahkan diare pada wanita yang sedang mengalami Menstruasi. Selain itu disebabkan karena zat prostaglandin, Nyeri Menstruasi juga disebabkan karena Gumpalan darah atau aliran darah menstruasi yang deras harus melalui leher rahim yang sempit. Dan dari penyebab ini biasanya akan berkurang atau menghilang pada setelah melahirkan bayi pertama mereka, karena lubang leher rahim mereka sudah melebar.

Yang perlu anda waspadai adalah, apabila Nyeri Menstruasi disebabkan oleh suatu penyakit. misalnya endometriosis, kista ovarium, penyakit menular seksual atau masalah spiral (IUD). Hal ini bisa diketahui apabila anda, mulai merasakan nyeri menstruasi setelah berusia 25 tahun atau apabila disertai gejala lain seperti perdarahan haid yang tidak cepat berhenti atau berbau busuk, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter.

Pengobatan Nyeri Menstruasi

Solusi untuk mengurangi Nyeri Menstruasi bisa dilakukan dengan cara alami atau dengan mengkonsumsi obat. Untuk meringankan rasa nyeri tersebut tanpa obat, anda bisa melakukan tips-tips seperti di bawah ini:
  • Tempelkan bantal pemanas ke perut bagian bawah pusar. Atau anda jug bisa menggunakan air panas yang dimasukan ke dalam botol dan membungkus botol tersebut dengan kain sebelum menempelkan ke perut bagian bawah.
  • Sat berbaring, sebaiknya anda meletakan kaki lebih tinggi dari jantung dan perut, atau berbaring dengan posisi miring ke kanan dengan lutut menekuk.
  • Perbanyak makanan yang mengandung vitamin B6, kalsium dan magnesium.
  • Pijat perut bagian bawah dengan gerak melingkar dan ringan.
  • Bila Anda merasakan mual dan mengganggu selera makan, maka tunda waktu makan anda, atau ganti dengan  makanan ringan lebih sering.
  • Lakukan diet kaya karbohidrat kompleks seperti buah-buahan, biji-bijian dan sayuran yang rendah garam, gula, dan tanpa kafein.
  • Mandi dengan air hangat dan jangan terlalu malam.
  • Untuk wanita obesitas, sebaiknya menurunkan berat badan terlebih dahulu.
  • Minumlah air hangat.
  • Lakukan oleh raga secara rutin, dan apabila rasa nyeri begitu parah anda rasakan. Istirahat secara totol merupakan solusi terbaik untuk anda.
Sedangkan untuk mengurangi Nyeri saat Menstruasi dengan menggunakan obat, anda bisa menggunakan jenis Obat anti-inflamasi dan Pil pencegah Ovulasi. Perawatan utama nyeri menstruasi adalah kelas obat yang disebut obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID), seperti ibuprofen atau naproxen. Kedua obat tersebut bekerja dengan menghentikan produksi prostaglandin pada tubuh, dan mengurangi pembekuan darah di dalam rahim. Memang Ada beberapa merek obat berbasis NSAID yang dapat Anda beli secara bebas di apotek dan toko obat. Namun tentu Anda harus berhati-hati, karena biasanya obat ini dapat menyebabkan iritasi lambung bagi penderita Maag.

Cara yang kedua penggunaan obat untuk mengurangi Nyeri Mestruasi adalah dengan menggunakan obat yang dapat mencegah terjadinya ovulasi, sehingga juga mencegah aktivitas prostaglandin yang menyebabkan kram menstruasi.  Namun, apabila anda sedang melakukan program untuk memiliki anak, tentu hal ini bukanlah hal yang tepat.

Kesimpulan:
  • Kebanyakan Nyeri Menstruasi disebabkan karena zat prostaglandin, dan sempitnya lubang ovarium,
  • Beberapa cara alami bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi,
  • Beberapa obat juga bisa difunakan untuk mengatasi rasa nyeri menstruasi.

Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger