Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harapan Kehamilan pada Wanita Usia Subur

Gambar Wanita Usia Subur
Wanita Usia Subur adalah wanita yang masih dalam usia reproduktif, yaitu antara usia 15 – 49 tahun, dengan status belum menikah, menikah, atau janda. Wanita Usia Subur ini mempunyai Organ Reproduksi yang masih berfungsi dengan baik, sehingga lebih mudah untuk mendapatkan kehamilan, yaitu antara umur 20 sampai dengan 45 tahun. Usia subur Wanita berlangsung lebih cepat apabila dibandingkan dengan pria. Adapun puncak kesuburan adalah usia 20 – 29 tahun yang memiliki kesempatan 95 % untuk terjadinya kehamilan. Saat wanita berusia sekita 30 tahun presentase untuk menyebabkan kehamilan menurun hingga 90%. Sedangkan saat berusia 40 tahun kesempatan untuk terjadinya kehamilan menurun menjadi 40%. Sedangkan setelah mendekati usia 50 tahun, wanita hanya mempunyai kesempatan hamil dengan prosentase 10%.

Masalah kesuburan organ reproduksi wanita, adalah hal yang penting untuk diketahui. Saat usia masa subur ini anda sebagai wanita harus menjaga dan merawat personal hygiene yaitu melakukan pemeliharaan keadaan alat kelamin dengan rajin membersihkannya. Sehingga sangat dianjurkan untuk merawat diri.

Penyakit Organ Reproduksi

Kurangnya pengetahuan mengenai kesuburan alat reproduksi wanita, sering di kaitkan dengan berbagai macam penyakit. Padahal tingkat masa kesuburan setiap orang berbeda – beda tergantung kondisi fisik, mental dan kebersihan organ kelaminnya. Organ Reproduksi yang tidak subur juga sering dikaitkan dengan berbagai penyakit yang diderita oleh salah satu pasangan yang mengidapnya, diantaranya 40% lain oleh sebab pria dan wanita, sedangkan 20% dikarenakan oleh keduanya.

Untuk mencegah kemandulan Wanita Usia Subur sebaiknya melakukan pemeriksaan kesehatan (pemeriksaan alat kelamin), meskipun anda memiliki siklus haid yang teratur. Karena Hal tersebut bukan merupakan tanda bahwa anda termasuk wanita subur. Sehingga bisa dipastikan anda memang sehat dan bebas dari penyakit kelamin. Pemeriksaan ini terutama sebaiknya dilakukan saat pra pernikahan.

Alat kelamin wanita berhubungan dengan dunia luar yang melalui vagina, saluran mulut rahim rongga rahim dan Saluran telur yang bermuara dalam ruang perut. Karena saling terhubungnya organ reproduksi ini, seringkali infeksi alat kelamin wanita disebabkan oleh hubungan seks yang tidak sehat. Salah satu Infeksi yang jadi di bagian vagina bisa berkelanjutan menuju ruang perut dalam bentuk infeksi selaput dinding perut.

Sistem pertahanan pada alat kelamin wanita yang cukup baik adalah sistem asam. Sistem kerja pertahanan dalam menangkal infeksi adalah dengan cara pengeluaran lendir yang selalu mengalir ke luar. Bakteri yang masuk kedalam organ reproduksi wanita dibuang dalam bentuk menstruasi. Namun bagi wanita yang mempunyai sistem pertahanan lemah, infeksi yang terjadi sulit teratasi dan akan menjalar ke segala arah, menimbulkan infeksi mendadak dan menahun. Adapun Contoh penyakit alat kelamin yang sering terjadi pada wanita akibat aktivitas seksual yang tidak sehat adalah Leukorea (keputihan).

Keputihan Pada Wanita

Keputihan akan sangat mengganggu karena akan terasa sangat gatal dan bau. Cairan ini juga akan mengganggu sistem reproduksi wanita untuk proses kehamilan, karena apabila sperma yang masuk ke vagina terkena cairan ini, sel dalam sperma akan matu dan tidak akan mampu membuahi sel telur. Sehingga apabila anda menderita keputihan, dan akan melakukan Program Kehamilan, tentu keputihan ini harus diobati hingga benar-benar sembuh.

Ringkasan:
  • Puncak Wanita Usia Subur adalah antara umur 20 sampai 40 tahun,
  • Wanita Usia Subur harus menjaga organ kelamin agar terhindar dari beragam penyakit reproduksi,
  • Cairan keputihan akan mematikan sel sperma sehingga tidak akan terjadi pembuahan.


Post a Comment for "Harapan Kehamilan pada Wanita Usia Subur"