Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Pendamping Asi untuk Bayi Bawah Satu Tahun


Makanan Pendamping Asi yang diberikan kepada bayi setelah usianya lebih dari enam tahun harus memenuhi gizi, memperhatikan waktu pemberian, frekuensi, porsi / jumlah, dan jenis makanannya. Yang menjadi kunci penting tentu saja pemberian MPASI harus dilakukan secara bertahap, sesuai dengan usia buah hati anda. Selain itu, MPASI anak berusia dibawah 1 tahun tidak perlu menambahkan gula dan garam pada menu makanannya, karena akan berdampak buruk terhadap kesehatannya.


Adapun contoh, Menu Makanan Pendamping ASI yang bisa anda siapkan untuk buah hati anda, dari bulan ke bulan adalah sebagai berikut: 


MPASI untuk Bayi Usia 6-7 bulan

Pemberian MPASI pada usia ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan gigi dan melatih kemampuan motorik (memegang makanan sendiri).Menu MPASI untuk usia ini sebaiknya diberikan makanan lunak dan cair seperti bubur susu (tepung beras / tepung beras merah / kacang hijau / labu kuning yang dicampur dengan ASI) dan biskuit. Awali dengan jumlah sedikit dan secara bertahap kentalkan dan tambah porsinya. Berikan makanan pendamping asi satu persatu, dan berikan satu jenis terlebih dahulu dalam beberapa hari sehingga diketahui apabila ada alergi pada jenis makanan tertentu.



Berikan Buah hati anda buah-buahan yang tidak bergetah (pisang raja, pisang ambon, jeruk, labu dan papaya), untuk menghindari diare. Berikan jus buah dengan campuran susu sebanyak dua sendok makan sekali makan dan diberikan selama dua kali sehari. 


Pada Bayi berusia 7 bulan, anda juga bisa menambahkan bahan makanan sumber karbohidrat (beras, kentang, makaroni, kacang hijau, atau roti) ditambah protein hewani maupun nabati dan sayuran. Protein hewani bisa anda dapatkan dari kuning telur ayam yang telah direbus. Campurkan bahan-bahan tersebut, lalu blender hingga halus, dan selanjutnya diulek di atas saringan. Sebagai tahap pengenalan, berikan 2 sendok makan untuk sekali makan dan diberikan 2-3 kali sehari. Setelah beberapa waktu tingkatkan porsinya hingga 7 sendok makan.

Adapun Jadwal konsumsi Makanan Pendamping ASI untuk Bayi usia 6-7 bulan, adalah:


Pukul
Menu Makanan
06.00-07.00 atau setelah bangun tidur ASI
09.00 bubur susu
11.00-12.00 buah
14.00 bubur susu
17.00 buah atau biskuit yang dicampur susu
18:00 ASI


MPASI untuk Bayi Usia 8-9 bulan


Bayi Berusia 8 – 9 Bulan sudah mempunyai pencernaan yang lebih kuat, sehingga sudah boleh diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI yang lebih Padat. Selain pemberian bubur susu berbahan buah atau tepung beras, lengkapi dengan bubur saring yang tentu lebih kasar. Pada usia ini bayi sudah dapat diberikan bubur dengan porsi minimal 8 sendok makan untuk sekali makan. Tambahkan makanan lain seperti bubur kacang hijau, biskuit dan pudding yang dibuat susu dan buah.

anda juga mulai bisa menambahkan kandungan gizi di dalam bubur yang anda buat dengan zat lemak seperti margarin, santan, atau minyak kelapa. Tambahan Lemak ini akan menambah kalori makanan, memberi rasa gurih dan mempertinggi penyerapan vitamin A dan zat gizi lain yang larut dalam lemak tubuh bayi. Selain menambahkan telur sebagai sumber hewani, anda juga bisa menambahkan daging ayam atau daging sapi, atau ikan yang telah dihaluskan. Berikan jenis makanan tersebut secara bergantian, agar bayi tidak bosan atau bahkan lebih memilih satu jenis makanan.

Adapun Jadwal Makanan Pendamping ASI untuk Bayi usia 8-9, adalah:


Pukul
Menu Makanan
06.00-07.00 atau setelah bangun tidur ASI
09.00 bubur susu (berbahan buah atau tepung)
11.00-12.00 bubur saring
14.00 bubur susu (berbahan buah, tepung atau biskuit)
17.00 bubur saring
18:00 ASI


MPASI untuk Bayi Usia 10-12 bulan


Pada usia ini bayi sebenarnya sudah bisa mencerna makanan semi padat berupa nasi tim (Nasi beras dilengkapi protein hewani dan nabati: hati ayam, ikan, daging ayam / sapi, tempe, tahu, telur, dan sayur-sayuran). Kenalkan bentuk dan kepadatan nasi tim secara bertahap, hingga akhirnya mendekati makanan keluarga. Tambahkan juga bumbu alami seperti pada masakan orang dewasa.


Lauk pauk yang digunakan sebaiknya diolah terpisah dan diberikan secara bergantian. Karena apabila dicampur, lalu dihangatkan secara berulang-ulang, gizi dari sumber makanan tersebut akan berkurang. Pada usia ini lengkapi juga gizi buah hati anda, dengan memberikan makanan bergizi lain, seperti bubur kacang hijau, biskuit, dan buah-buahan (pisang, jeruk atau papaya).

Jadwal konsumsi Makanan Pendamping ASI untuk Bayi usia 10-12 bulan:

Pukul
Menu Makanan
06.00-07.00 atau setelah bangun tidur ASI
09.00 bubur susu
10.00 buah atau biskuit
12.00 nasi tim
13.00 ASI
14:00 Biskuit
16.00 ASI
18.00 Nasi Tim
19.00 ASI

Ringkasan:
  • Makanan Pendamping ASI untuk bayi di bawah satu tahun harus diberikan secara bertahap, dengan jenis yang bervariasi,
  • Tahap Pengenalan Makanan Bayi antara Usia 6-7 bulan, 8-9 bulan dan 10-12 bulan,
  • Makanan Pendamping ASI Usia 6-7 bulan, 8-9 bulan dan 10-12 bulan terus ditingkatkan dari tektur, jumlah dan jenisnya.

Post a Comment for "Makanan Pendamping Asi untuk Bayi Bawah Satu Tahun"