Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Pendamping ASI setelah Usia Enam Bulan

Makanan Pendamping ASI sampai usia 6 bulan memang belum boleh diberikan. Namun pemberian ASI sangat disarankan untuk tetap dilakukan hingga usia Bayi dua tahun, meski setelah usia 6 bulan bayi juga perlu mengkonsumsi makanan pendamping ASI. Untuk selanjutnya, bayi akan mulai mengonsumsi makanan pokok, dan bahkan tidak ada salahnya tetap member ASI sampai usia bayi lebih dari 2 tahun.

Hal tersebut dikarenakan orangtua sering khawatir, anak mengalami kekurangan nutrisi pada makanan yang dikonsumsi, sehingga mereka masih mengandalkan susu atau bahkan masih memberikan ASI kepada anak di atas dua tahun. Namun yang perlu diketahui bahwa Produksi ASI untuk anak berusia di atas dua tahun tentu tidak lagi mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisinya, sehingga harus dilengkapi dengan makanan pokok.

Menyapih (Menghentikan pemberian ASI) anak di atas usia dua tahun, kadang akan menjadi lebih sulit dan menjadi tantangan bagi orangtua. Salah satu Solusi Menyapih anak diatas usia dua tahun adalah dengan memberikan makanan pokok (Seperti Nasi, Sayuran, dan lauk pauk).

Melatih anak makan sejak enam bulan

Pemberian makanan pokok pada balita sebaiknya juga dilakukan bertahap dan dimulai pada usia enam bulan. Dahulu Makanan Pendamping ASI diberikan pada usia empat bulan, namun berdasarkan hasil penelitian terbaru ditemukan bahwa, usia bayi empat bulan masih terlalu dini mendapatkan makanan pendamping ASI. Bahkan apabila hal tersebut dilakukan, sangat dikhawatirkan bayi akan kekurangan gizi, karena pada dasarnya ASI merupakan sumber nutrisi yang sempurna, untuk bayi usia dibawah enam bulan. 

Makanan Pendamping ASI pada usia dibawah enam bulan berisiko tinggi menggangu sistem pencernaan bayi yang belum sempurna. Dan apabila tetap dilakukan, bayi akan berisiko menderita diare dan konstipasi.


Makanan Pendamping ASI untuk Bayi diatas enam bulan


Adapun pemberian MPASI (Makanan Pendamping ASI) pada bayi diatas umur enam bulan sebaiknya dilakukan bertahap, dan disesuaikan dengan kemampuan pencernaan Bayi. Pada awal pemberian MPASI, bisa dimulai dnegan pemberian makanan yang encer. Boleh juga mencampur buah dengan ASI, atau bahkan membuat bubur dengan ASI sebagai campurannya.

Saat mengenalkan MPASI pada bayi enam bulan, tentu sebaiknya memberikan makanan yang bervariasi namun lembut. Hal ini bertujuan agar anak semakin mengenal berbagai jenis  rasa, tekstur makanan yang dikonsumsinya. Pada usia ini daya ingat bayi sangat tinggi, sehingga mereka lebih mudah belajar dan mengenal. Selain itu, dengan MPASI yang bervariasi, kebutuhan gizi akan terpenuhi dengan baik.

Ringkasan:
  • Makanan Pendamping ASI sampai usia 6 memang belum boleh diberikan, dan setelah itu di tambah Boleh diberikan makanan lunak bervariasi,
  • Pemberian Makanan pada Anak dibawah enam bulan meningkatkan resiko diare dan konstipasi,
  • MPASI harus diperkenalkan bertahap dan bervariasi dimulai dari makanan yang lembut.

Post a Comment for "Makanan Pendamping ASI setelah Usia Enam Bulan"