Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Masa Tidak Subur Wanita Pertimbangan Untuk Menunda Kehamilan


Gambar Masa Tidak Subur Wanita
Masa Tidak Subur Wanita adalah saat dimana wanita hanya mempunyai kemungkinan kecil untuk terjadi kehamilan. Waktu ini, biasanya digunakan untuk berhubungan badan bagi mereka yang melakukan KB secara alami (tidak menggunakan alat kontrasepsi). Namun tentu hal ini tidak boleh dilakukan oleh bukan suami istri, karena cara ini tidak 100% efektif untuk menghindari kehamilan.

Menunda Kehamilan dengan menghindari masa subur wanita memang cara ber-KB yang tidak menimbulkan efek samping. Namun apabila ada keraguan, metode ini bisa dikombinasikan dengan penggunaan alat kontrasepsi lain, seperti kondom misalnya. Adapun Masa Tidak Subur Wanita bisa dilihat dari perhitungan dan ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Selain pada saat memasuki siklus menstruasi, masa tidak subur wanita juga terjadi pada 1 minggu dan sesudah siklus menstruasi tersebut. Namun dengan catatan bahwa, wanita tersebut mempunyai siklus menstruasi yang teratur. Dan karena sperma yang mempunyai kualitas bagus dapat bertahan selama 3 hari maka sebaiknya menghindari hubungan badan setelah 5 hari setelah terakhir menstruasi.
  2. Saat wanita dalam masa tidak subur cairan serviks / leher rahim lebih akan lebih kental dan tidak mudah putus atau produksinya sangat sedikit bahkan tidak ada sama sekali.
  3. Gairah Seks wanita biasanya akan menurun,
  4. Posisi serviks Wanita yang tidak berada dalam masa subur bisa dicek dengan cara selipkan jari yang sudah dibersihkan, ke dalam lubang vagina dengan arah lurus. Dan apabila wanita tidak dalam masa subur maka jari menyentuh atau merasakan ujung serviks tersebut. Namun apabila wanita masuk dalam masa subur, posisi serviks lebih tinggi dan sehingga sulit terjangkau oleh jari.
  5. Payudara Wanita tidak dalam masa subur akan lebih keras, saat disentuh.
  6. Mengetahui Masa Tidak Subur Wanita yang paling efektif dan mendekati 100% tepat adalah dengan menggunakan alat yang bisa anda dapatkan di apotek. Alat ini biasanya bisa digunakan untuk seterusnya (tidak sekali pakai)

Agar Lebih nyakin menentukan masa tidak subur, sebaiknya anda juga mempelajari artikel ciri-ciri masa subur wanita disini.

Ringkasan:
  • Masa Tidak Subur Wanita masih bisa menyebabkan kehamilan, sehingga untuk KB sebaiknya dikombinasikan dengan alat kontrasepsi (kondom),
  • Cara Mengetahui Masa Tidak Subur Wanita paling afektif adalah dengan menggunakan alat tes kesuburan.

Post a Comment for "Masa Tidak Subur Wanita Pertimbangan Untuk Menunda Kehamilan"