Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Komplikasi Penyakit Gondongan Menyebabkan Kematian

Penyebab Komplikasi Penyakit Gondongan
Penyakit Gondongan sebenarnya tidak berbahaya, dan bisa sembuh sendiri meski tanpa pengobatan. Namun apabila penderita tetap melakukan kegiatan yang berat, bukan tidak mungkin Penyakit Gondongan menyebabkan komplikasi serius, bahkan bisa menyebabkan kematian. Penyakit yang disebabkan oleh virus Paramyxovirus, memicu pembekakan dan rasa nyeri pada kelenjar air liur.

Penyakit Gondongan sering disamakan dengan penyakit gondok, yang mempunyai ciri fisik sama yaitu pembengkakan pada sekitar leher. Namun sebenarnya kedua penyakit ini berbeda, karena penyakit gondok disebabkan oleh gangguan hormon thyroid yang lebih sulit untuk disembuhkan.

Selain memicu terjadinya pembesaran kelenjar di leher, penyakit gondongan juga akan menyebabkan rahang terasa kaku, dan nyeri saat mengunyah dan menelan. Gejala Penyakit Gondongan yang lain tidak jauh berbeda dengan penyakit flu, seperti; pusing, sakit kepala, demam, nyeri otot, menggigil, dan nafsu makan berkurang.

Penularan Gondongan dapat melalui Kontak secara langsung atau melalui udara(percikan liur, bersin atau batu), terutama ketika daya tahan tubuhnya lemah. Komplikasi yang mungkin terjadi pada penyakit gondongan adalah:
  • Terjadi Gangguan pendengaran secara permanen pada satu atau bahkan kedua telinga.
  • Terjadi Orchitis / Pembengkakan testis yang dapat memicu kemandulan pria.
  • Pankreatitis.
  • Peradangan ovarium atau payudara pada wanita.
  • Meningitis dan Ensefalitis yang memicu kematian.

Pengobatan Penyakit Gondongan

Tidak ada obat khusus untuk mengobati penyakit gondongan, yang dibutuhkan penderita memperkuat sistem imun tubuh dengan cara meningkatkan asupan nutrisi dan cairan, perbanyak istirahat, hindari makanan padat dan asam. Untuk meredakan pembengkakan, anda bisa mengkonsumsi obat herbal Sarang Semut yang banyak mengandung flavonoid.

Apabila gejala dan keluhan Penyakit Gondongan dirasakan semakin parah dan berlangsung lebih dari satu minggu, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis. Karena apabila dibiarkan, komplikasi berbahaya seperti tersebut diatas dapat mengancam kesehatan dan jiwa anda.

Ringkasan:
  • Komplikasi Penyakit Gondongan yang tidak segera di obati dapat menyebabkan tuli, kemandulan, pankreatitis, radang ovarium dan bahkan kematian.
  • Gejala Gondongan yang terjadi selama lebih dari satu minggu harus dilakukan pemeriksaan ke dokter.

Post a Comment for "Komplikasi Penyakit Gondongan Menyebabkan Kematian"