Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pekan Kondom Nasional 2013 dari Menkes Dibatalkan

Pekan Kondom Nasional 2013 yang telah direncanakan oleh Menteri Kesehatan Nafsiah Mboy akhirnya dibatalkan. Alasan pembatalan Pekan Kondom tersebut, karena mendapatkan kritikan keras dari para masyarakat, ulama, dan kalangan umat Islam. Hal tersebut juga menjadi  langkah Menteri Kesehatan  Nafsiah menanggapi kritik dari kalangan umat Islam, dan masyarakan yang menganggap rencananya tersebut merupakan melegalisasi seks bebas.

Gambar Pekan Kondom Nasional 2013
Penghentian dilakukan setelah adanya pertemuan yang dilakukan pada Rabu 4 Desember 2013, antara Menteri Kesehatan dengan Komisi Penanggulangan AIDS Nasional dan perusahaan pendistribusi kondom DKT.

Dari pertemuan itu, KemenKes telah meminta perusahaan pendistribusi kondom untuk menghentikan kegiatan kampanye bus yang bertuliskan 'Pekan Kondom Nasional". Direktur Jenderal Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama, menegaskan, “kegiatan Pekan Kondom Nasional bukan kerja sama yang dibuat Kementerian Kesehatan. Namun diinisiasi perusahaan DKT yang telah dilakukan sejak tahun 2007.

Beliau juga menambahkan bahwa, Kementerian Kesehatan tidak membenarkan kampanye kondom menggunakan bus ke kampus-kampus. Konfirmasi yang dilakukan pihaknya turut memastikan pembagian kondom gratis ke mahasiswa tidak pernah dilakukan.

Kegiatan Pekan Kondom Nasional yang diselenggarakan telah diketahui Komisi Penanggulangan AIDS Nasional. Sekretaris KPAN, Kemal Siregar, mengatakan perusahaan DKT pernah berkonsultasi beberapa waktu lalu dengan pihaknya. Dalam konsultasi itu dibahas pula sasaran program bagi-bagi kondom.

"Sasarannya sejak awal kepada remaja dan programnya edukasi. Kalau pembagian kondom dilaksanakan di titik-titik yang memiliki risiko tinggi, seperti lokalisasi, Pelabuhan, pangkalan bus atau terminal," ujar Kemal. Tetapi, langkah yang sangat tidak bertanggung jawab membagikan kondom kepada kalangan remaja, sama halnya dengan mengkampanyekan seks bebas.

Memang banyak tanggapan mengenai pelaksanaan Pekan Kondom Nasional, dan tentu tidak akan baik apabila dilakukan di tempat umum. Lebih tepatnya memang sosialisasi harus dilakukan di tempat-tempat tertentu seperti lokalisasi, terminal, pangkalan bus, atau pelabuhan. Karena di tempat ini banyak orang yang melakukan hubungan berisiko tinggi. Sedangkan para remaja harus dibenahi masalah pendidikan agama, agar terhindar dari hubungan berisiko tinggi dan terhindar dari penyakit menular seksual.

Ringkasan:
  • Pekan Kondom Nasional yang akan dilakukan oleh Menteri Kesehatan telah dibatalkan Rabu Lalu,
  • Kampaye Penggunaan Kondom sebaiknya dilakukan di lokalisasi, pangkalan bus, terminal, atau pelabuhan,

Post a Comment for "Pekan Kondom Nasional 2013 dari Menkes Dibatalkan"