Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Sakit Pinggang dan Cara Pengobatannya

Penyebab Pengobatan Sakit Pinggang
Sakit pinggang di derita oleh pria atau wanita yang disebabkan oleh banyak faktor. Rasa letih yang melewati batas, sering memikul / mengangkat benda berat khususnya yang membebani tulang, sendi dan otot sekitar pinggang, dan salah posisi saat mengangkat barang menjadi salah satu faktor sakit pinggang.

Cara tepat mengangkat barang berat adalah tidak boleh menunduk lalu barang diangkat, namun diawali dengan posisi jongkok terlebih dahulu lalu barang diangkat secara berlahan. Mengangkat barang berat, juga tidak boleh dilakukan oleh orang yang pernah mengalami sakit pinggang lama dan telah didiagnosis sebagai urat terjepit (hernia nucleous purposes, HNP).

Adapun beberapa penyebab sakit pinggang adalah sebagai berikut:

  1. Mengalami gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang.
  2. Gerak tubuh atau posisi yang salah, menyebabkan urat dan tulang belakang terjepit sehingga menimbulkan rasa nyeri pinggang yang luar biasa.
  3. Terlalu sering mengangkat atau membawa barang berat.
  4. Penggunaan sepatu hak tinggi pada wanita yang terlalu lama, diketahui menimbulkan kaki, betis terasa sakit, dan nyeri pinggang
  5. Posisi tidur yang salah dengan alas tidur yang terlalu tipis dan tidak sesuai dengan tinggi badan. Hal ini menyebabkan badan tertekuk terlalu lama, dan memicu rasa sakit pada pinggang.
  6. Kurang olahraga yang dapat menggerakkan otot-otot tubuh dan kelenturan sendi-sendi, Sehingga otot dan sendi tubuh mudah sakit bahkan cidera, terutama pada pinggang.
Pengobatan Sakit Pinggang

Sakit Pinggang ringan bisa diobati dengan cara alami, yaitu dengan olahraga renang, yoga atau pilates dengan konsentrasi diarea tulang belakang, menggunakan korset secara tepat dan menjalani hidup sehat.

Tindakan medis untuk Pengobatan Sakit Pinggang kronik adalah dengan suntikan yang dikenal dengan Selective Nerve Root Block dan suntikan Epidural Steroid. Selective Nerve Root Block mendeteksi sumber rasa sakit dan juga sebagai terapi untuk mengurangi nyeri pinggang serta perawatan lebih lanjut untuk lateral disc herniation.

Sedangkan suntikan Epidural Steroid adalah suntikan steroid kedaerah epidural untuk mengatasi sakit pinggang. Sedangkan prosedure operasi dilakukan untuk mengatasi nyeri pinggang dengan kasus berat yang dapat mengganggu kualitas hidup seseorang.

Ringkasan:
  • Penyebab Sakit Pinggang berkaitan erat dengan aktivitas yang dilakukan sehari-hari oleh penderitanya.
  • Pengobatan Sakit Pinggang bisa dilakukan dengan metode alami, suntikan dan operasi.

Post a Comment for "Penyebab Sakit Pinggang dan Cara Pengobatannya"