Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gejala Daya Tahan Tubuh Sedang Menurun

Musim hujan seperti sekarang (dengan perubahan cuaca yang tidak menentu), tubuh akan lebih mudah terserang berbagai penyakit, terutama Batuk, Flu atau Demam. Dan untuk mengatasi ancaman tersebut, sebenarnya tubuh manusia memiliki sistem imun (daya tahan), yang berfungsi sebagai pertahanan pertama melawan microorganism atau virus penyebab penyakit.

Namun, perlu anda ketahui sistem imun setiap orang tentu berbeda, terutama seperti musim sekarang ini, lonjakan jumlah mikroorganisme semakin meningkat, sehingga sistem imun bisa kewalahan. Akibat sistem imun atau daya tahan tubuh tidak berhasil melawan mikroorganisme, akhirnya tubuh menjadi sakit.

Saat sistem imun sedang lemah, anda disarankan untuk melakukan antisipasi agar dengan tujuan kuman penyakit tidak berkembang dan menybabkan penyakit anda sulit disembuhkan. Adapun gejala Daya Tahan tubuh melemah diantaranya adalah:

Berat Badan Meningkat

Para penderita flu babi memiliki ciri khas yang sama, yaitu memiliki indeks massa tubuh lebih dari 40. Kelebihan berat badan ini diketahui dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, peradangan, dan mengganggu kemampuan tubuh melawan virus yang masuk ke tubuh.

Rongga Hidung Kering

Hidung yang tersumbat akibat flu tentu membuat anda tidak nyaman. Namun, apabila rongga hidung anda terlalu kering, itu juga menjadi tanda baik. Hal ini disebabkan karena lendir di dalam hidung berguna untuk membantu menangkap dan membersihkan virus yang masuk melalui hidung. Sehingga, apabila di dalan hidung tidak ada lendir, virus akan mudah sekali masuk ke dalam tubuh. Ini berarti lender hidung di musim hujan merupakan, salah satu cara tubuh melindungi dirinya dari virus.

Tidak Cukup Minum

Tubuh membutuhkan banyak air putih untuk mengeluarkan racun. Namun memang Kebutuhan air putih masing-masing orang, tergantung kondisi tubuh dan aktivitas. Cara paling mudah mengetahui sudah terpenuhinya air putih atau belum pada tubuh adalah dengan warna urin. Warna Urin dari orang yang mencukupi kebutuhan cairan tubuh adalah berwarna jernih atau kuning muda jernih.

Sering Tidak Enak Badan

Orang dewasa biasanya akan mengalami flu sekitar 2-3 kali dalam setahun, sehingga apabila anda mengalami flu lebih dari jitu, kondisi daya tahan tubuh anda sedang berada di level rendah dan harus ditindaklanjuti dengan istirahat dan memperbanyak konsumsi makanan bergizi.

Penyebab Daya Tahan Tubuh Turun


Sistem kekebalan tubu bisa turun secara drastic dikarenakan beberapa faktor, seperti; tingkat stress yang tinggi dan mengkonsumsi gula terlalu banyak. Seseorang dengan beban kerja yang tinggi akan lebih mudah sakit, karena stres jangka panjang dapat melemahkan respon kekebalan tubuh kita. Sedangkan 5 jam setelah kita mengasup 100 gram gula (setera dengan tiga kaleng minuman bersoda ukuran sedang), menyebabkan kemampuan sel darah putih melawan kuman menurun secara drastic.

Ringkasan:
  • Musim hujan merupakan masa microorganisme atau virus berkembangbiak menjadi semakin banyak,
  • Gejala Daya Tahan Tubuh Menurun adalah; berat badan meningkat, rongga hidung kering, Tidak cukup minum, sering tidak enak badan.

Post a Comment for "Gejala Daya Tahan Tubuh Sedang Menurun"