Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Herpes Zoster dan Cara Pengobatan

Penyakit Herpes Zoster
Penyakit Herpes Zoster adalah penyakit yang disebabkan oleh munculnya kembali virus varisela-zoster yang sebelumnya berada di laten di akar saraf. Virus varisela-zoster ini juga menjadi penyebab cacar air, sehingga seseorang yang pernah menderita cacar air juga akan berisiko menderita penyakit herpes zoster. Hal ini dikarenakan, meski gelembung-gelembung air pada cacar air sudah hilang, namun virus masih bersembunyi di akar saraf dan siap menyerang kembali ketika daya tahan tubuh anda menurun.

Gejala Penyakit Herpes Zoster

Gejala awal Penyakit Herpes Zoster adalah demam, pilek, cepat merasa lelah, lemah dan lesu. Gejala akan berkembang dengan rasa nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Setelah beberapa hari kemudian akan muncul bintik kecil kemerahan pada kulit dan akan berkembang menjadi gelembung-gelembung transparan berisi cairan di sepanjang kulit yang dilalui oleh saraf yang terinfeksi.

Gelembung cairan ini akan gatal sehingga penderita akan menggaruknya tanpa sengaja, dan menyebabkan penyembuhan akan lebih lama dan bekasnya sulit dihilangkan. Adapun bagian tubuh yang sering terserang Virus varisela-zoster adalah saraf di kulit dada atau perut dan wajah bagian atas termasuk mata, dan bisa menyerang siapa saya terutama Bagi orang yang belum pernah menderita cacar air.

Obat Penyakit Herpes Zoster

Penyakit Herpes zoster biasanya akan sembuh sendiri setelah beberapa minggu, dan pengobatan oleh dokter hanya untuk mengurangi rasa nyeri dan mengeringkan inflamasi. Antivirus obat antivirus seperti asiklovir, famsiklovir, dan valaciclovir biasanya akan digunakan untuk menghambat perkembangbiakan virus, sehingga Dampak herpes zoster dapat diminimalkan.

Pencegahan Penyakit Herpes zoster adalah dengan melakukan imunisasi cacar air dan senantiasa menjaga sistem kekebalan tubuh. Dan apabila anda terlanjur menderita terkena Herpes Zoster, lakukan perawatan dengan cara sebagai berikut:
  • Rasa Nyeri diawal penyerangan virus bisa dikurangi dengan mengompres dengan es batu bagian tubuh yang terasa nyeri.
  • Tetap mandi seperti biasa, agar terhindar dari  infeksi kulit yang sedang terkena cacar air.
  • Hindari gelembung cacar air pecah agar tidak meninggalkan bekas yang permanen dengan cara saat setelah mandi gunakan handuk secara hati-hati, menutupnya dengan kain kasa lembut dan gunakan pakaian berbahan katun yang longgar.
  • Gunakan bedak talk yang mengandung menthol atau salisil pada bagian yang mengalami gelembung cair agar tidak terlalu gatal.
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air setelah menyentuh lepuhan kulit, dan hindari kontak dengan bayi, anak-anak, ibu hamil dan orang yang mempunyai system kekebalan tubuh yang lemah.
  • Mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti sirsak, jambu biji, pepaya dan tomat merah agar daya tahan tubuh meningkat.
Ringkasan:
  • Penyakit Herpes Zoster disebabkan karena virus varisela-zoster sehingga menyebabkan gejala mirip cacar air,
  • Gejala Awal Herpes Zoster adalah rasa tidak enak badan disertai nyeri sendi, sakit kepala dan pusing.
  • Agar Herpes Zoster lebih cepat disembuhkan dan tidak meninggalkan bekas permanen anda harus menjaga gelembung air tidak pecah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Post a Comment for "Penyakit Herpes Zoster dan Cara Pengobatan"