Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Siklus Menstruasi, Haid dan Datang Bulan pada Wanita

Siklus Menstruasi Haid dan Datang Bulan
Menstruasi, Haid atau Datang Bulan merupakan siklus yang akan dialami oleh wanita setiap bulan, dan saat masih dalam kategori usia produktif. Proses ini merupakan peluruhan dinding rahim yang terdiri dari darah dan jaringan tubuh wanita. Dengan kata lain, Menstruasi Haid dan Datang Bulan merupakan proses pembersihan rahim terhadap pembuluh darah, kelenjar-kelenjar dan sel-sel yang tidak terpakai karena tidak terjadinya pembuahan oleh sperma.

Menstruasi, Haid atau Datang Bulan terjadi karena adanya perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi dalam sebuah siklus dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Siklus Menstruasi penting dalam hal reproduksi karena berkaitan erat mudah atau sulitnya wanita untuk hamil.

Darah haid yang keluar saat awal menstruasi berwarna hitam, kemudian berubah menjadi merah, kemudian antara merah dan kuning, kemudian kuning dan akhirnya keruh (yakni antara putih dan hitam), dan akhirnya putih bersih tanda seorang wanita selesainya haid diantara hari ke 4-7 dan terjadi secara periodik setiap 28 hari atau setiap 21 hari dan 30 hari. Namun memang setiap wanita biasanya memiliki warna darah haid yang berbeda antara satu dengan yang lain.

Untuk menampung darah haid saat siklus menstruasi, wanita harus memakai pembalut, baik itu pembalut tradisional (kain) atau pembalut modern yang sudah ada dengan berbagai keunggulan dan bentuk. pembalut modern bahkan telah berkembang dengan adanya pembalut herbal, sehingga nyaman digunakan, ada juga pembalut yang di desain dengan ukuran panjang 29 hingga 35 cm, yang dikhususkan untuk digunakan saat tidur atau bagi wanita yang darah haidnya keluar banyak. Penggunaan pembalut harus diganti minimal dua kali sehari, agar tidak terjadi infeksi pada vagina atau gangguan kesehatan reproduksi lainnya.

Selain terjadi pada manusia, Siklus Menstruasi juga terjadi pada primata besar, sedangkan binatang-binatang menyusui lain seperti sapi, mengalami siklus estrus. Estrus pada binatang dikenal dengan istilah birahi yang merupakan suatu periode secara psikologis maupun fisiologis pada hewan betina yang bersedia menerima pejantan untuk kopulasi (perkawinan). Adapun Siklus estrus pada binatang dibagi menjadi beberapa fase yang dapat dibedakan dengan jelas yang disebut proestrus, estrus, metestrus dan diestrus.

Ringkasan:
  • Siklus Menstruasi Haid dan Datang Bulan adalah siklus yang tiap bulan dialami wanita pada usia produktif,
  • Umumnya siklus menstruasi terjadi secara periodik setiap 28 hari (ada pula setiap 21 hari dan 30 hari),
  • Selain pada manusia, siklus menstruasi juga terjadi pada primata-primata besar.

Post a Comment for "Siklus Menstruasi, Haid dan Datang Bulan pada Wanita"