Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menjemur Bayi yang Tepat

Tips Menjemur Bayi
Menjemur Bayi di bawah sinar matahari tidak hanya untuk menghangatkan, namun juga bisa menjadi sumber vitamin D pada kulit bayi. Hal ini keuntungan bagi kita yang hidup di Indonesia karena bisa manfaatkan sinar matahari yang hampir bisa dinikmati sepanjang tahun. Menjemur bayi setelah dilahirkan juga bermanfaat untuk mencegah atau mengobati penyakit kuning pada Bayi. Manfaat Menjemur bayi yang lain adalah terhindar dari Penyakit Rickettsia yang berdampak pada perkembangan tulang anak.

Adapun cara Menjemur untuk Kesehatan Bayi yang tepat adalah sebagai berikut:
  • Waktu Menjemur bayi yang paling baik adalah sekitar pukul 08.00-09.00 dan dilakukan selama kurang lebih 30 menit. Apabila sinar matahari terlalu panas atau rumah anda berada di jalan raya yang tentu banyak polusi, maka sebaiknya bayi dijemur di dalam rumah dari balik jendela namun tetap terkena sinar matahari.
  • Saat dijemur sebaiknya bayi tidak menggunakan pakaian sama sekali, sehingga seluruh bagian tubuhnya dapat terkena sinar matahari. Mulai menjemur pada bagian depan (Bayi ditidurkan) dan setelah 15 menit balikan bayi dengan posisi tenkurap yang juga bisa dilakukan selama 15 menit.
  • Saat menjemur bayi, tutup matanya agar tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Jangan meninggalkan sendirian, dan saat ibu sudah merasa sangat kepanasan maka segera akhiri menjemur bayi (meski belum ada 30 menit). Apabila bayi kepanasan bisa memicu mengalami hipertermi (peningkatan suhu tubuh berlebihan) karena sinar matahari tersebut.
  • Saat menjemur bayi, manfaatkan waktu untuk mengajak bicara bayi atau memberikan pijatan dan sentuhan ringan untuk meningkatkan kontak antara ibu dengan bayi. 
  • Setelah menjemur bayi, berikan minuman (ASI) tambahan. Hal ini dikarenakan sinar matahari bisa meningkatkan penguapan dari kulit bayi dan memicu terjadinya dehidrasi.
Ringkasan:
  • Menjemur bayi dapat mencegah dan mengobati penyakit kuning dan Penyakit Rickettsia pada Bayi,
  • Menjemur bayi sebaiknya dilakukan pada pukul 08.00-09.00 dan dilakukan selama 30 menit,
  • Saat Menjemur sebaiknya bayi tidak menggunakan pakaian dan dibalik bagian depan dan belakang tubuh bayi.

Post a Comment for "Tips Menjemur Bayi yang Tepat"