Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengembalikan Kebugaran Setelah Melahirkan

Tips Melahirkan
Melahirkan terutama dengan proses persalinan normal memang menguras tenaga, rasa lelah sulit untuk dipulihkan setelah beberapa waktu setelahnya. Namun setelah membaca artikel Cara Mengembalikan Kebugaran Setelah Melahirkan ini, anda tidak perlu khawatir, karena rasa lelah setelah persalinan dapat segera diatasi dengan berolahraga.

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan olahraga setelah melahirkan, pastikan jarak dari persalinan minimal 1-2 minggu untuk persalinan normal. Sedangkan untuk proses melahirkan secara caesar dibutuhkan waktu lebih lama, tergantung kondisi luka bekar operasi yang anda lakukan.

Olahraga setelah persalinan sebaiknya dilakukan secara bertahap dan lakukan panduan sebagai berikut:
  • Mulai olahraga setelah melahirkan dengan jalan santai di pagi hari atau sore. Fokuskan, kepada jadwal yang teratur, bukan jarak yang anda tempuh.
  • Melakukan Yoga dengan tujuan melatih fleksibilitas dan kekuatan otot. Senam yoga setelah melahirkan dapat membantu menghindari babyblues, lebih tenang dan terhindar dari stress.
  • Jangan melupakan sarapan, karena dengan makan pagi dapat mengembalikan kebugaran setelah melahirkan. Menu makan padi akan mencukupi dan mengurangi rasa lelah. Namun anda juga tidak boleh mengkonsumsi makanan berlebih saat sarapan, karena dapat menggangu aktivitas dan memicu rasa kantuk.
  • Memperbanyak makanan yang mengandung serat, sehingga senergi dalam tubuh menjadi bertambah.
  • Membiasakan minum air sesuai dengan kebutuhan tubuh anda, untuk menghindari dehidrasi dan juga tidak mengganggu produksi ASI.
  • Mendengarkan musik favorit untuk memanjakan diri dirutinitas merawat bayi. Hal ini bisa anda lakukan ketika buah hati tidur, sebagai terapi agar pikiran anda lebih rileks dan nyaman. Dengan mendengarkan musik Favorit, juga akan menghilangkan rasa lelah di dalam tubuh setelah persalinan dan mengurus buah hati.
  • Melakukan spa atau pemijitan oleh ahli juga bisa dilakukan sebagai alternatif setelah proses persalinan. Pemijatan pada ibu setelah melahirkan, biasanya difokuskan pada betis, paha dan payudara. Pemijatan pada paha dan betis untuk mengurangi ketegangan yang sering dikeluhkan oleh ibu setelah melahirkan Sedangkan pemijatan pada payudara berhubungan dengan kelancaran produksi ASI.
Cara Mengembalikan Kebugaran Setelah Melahirkan tersebut diatas memang sederhana, namun membutuhkan komitmen yang tinggi disela-sela kesibukan wanita mengurus anak. Semoga Tips-Tips diatas dapat mempercepat kembalinya kualitas hidup anda setelah persalinan.

Ringkasan:
  • Berolahraga yang rutin dapat mengembalikan stamina ibu setelah melahirkan,
  • Berolahraga untuk kebugaran ibu setelah melahirkan, sebaiknya dilakukan minimal 1 minggu untuk persalinan normal,
  • Cara Mengembalikan Kebugaran Setelah Melahirkan bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya adalah dengan berolahraga ringan dan yoga yang rutin.

Bersama: +detikcom , +Detikplus , +KOMPAS.com , +Kompas TV , +VIVA , +Susilo Bambang Yudhoyono

Post a Comment for "Cara Mengembalikan Kebugaran Setelah Melahirkan"