Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Gula Darah Terlalu Rendah

Bahaya Gula Darah Drop
Gula Darah terlalu Rendah selama ini tidak menjadi perhatian banyak orang, mereka lebih fokus terhadap masalah kadar gula darah tinggi (hiperglikemia) karena bisa memicu komplikasi gangguan kesehatan dalam jangka panjang. Padahal apabila seseorang mempunyai kadar gula terlalu rendah, dapat menyebabkan koma (hilang kesadaran).

seseorang yang memiliki penyakit diabetes juga berisiko tinggi mengalami serangan hipoglikemia (tekanan gula darah terlalu rendah). Hal ini diketahui berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, dari 2.000 pasien penderita diabetes tipe 2 hampir 50 persen pernah mengalami gejala hipoglikemia.

Penyebab dan Gejala Gula Darah Rendah


Penyebab Gula Darah terlalu Rendah adalah konsumsi obat seperti sulphonylureas (obat diabetes lainnya) berlebih, kurang mengonsumsi makanan manis dan mengandung karbohidrat, melakukan aktivitas yang berlebihan dan mengonsumsi alkohol tanpa tanpa disertai makan.

Adapun Gejala Gula darah Terlalu Rendah adalah perasaan gemetar, perih pada mulut, berkeringat, pusing, perasaan linglung, lemas, jantung berdetak keras dan test gula darah menunjukan angka dibawah 60. Penderita hipoglikemia harus beristirahat total minimal satu hari, dengan tidak beraktivitas seperti bekerja, aktivitas sosial dan olahraga.

Bagi anda ang sering mengalami gejala tersebut, harus rajin melakukan pengecekan kadar gula darah dan konsultasi kepada dokter secara rutin. Untuk mengetahui dosis obat diabetes yang tepat.

Pertolongan Pertama Gula Darah Terlalu Rendah


Penderita hipoglikemia, harus segera diberikan minuman atau makanan yang manis agar kadar gula darah dalam tubuh meningkat, sehingga kesadarannya tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan otak.

Meskipun penderita diabetes harus membatasi konsumsi makanan manis ,namun bukan berarti menghindari sama sekali. Dengan catatan harus mengkonsumsi obat diabetes dan melakukan cek kadar gula secara rutin. Sehingga seharusnya pasien sudah mengerti bagaimana cara mengatur kadar gula darah dalam tubuhnya agar tidak berlebihan (hiperglikemia) atau justru terlalu rendah (hipoglikemia).

Ringkasan:
  • Gula Darah terlalu Rendah (hipoglikemia) dapat menyebabkan koma dan kerusakan otak,
  • Penyebab hipoglikemia adalah obat diabetes yang tidak tepat, kurang makanan manis dan beraktivitas berlebihan,
  • Gejala hipoglikemia adalah lemas, badan gemetar, pusing, mual dan badan lemas,
  • Pertolongan bagi penderita Gula Darah terlalu rendah adalah dengan segera memberikan minuman dan makanan manis.

Post a Comment for "Bahaya Gula Darah Terlalu Rendah"