Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Mengeringkan Pakaian di dalam Rumah

Menjemur Pakaian di dalam Rumah
Mengeringkan Pakaian di dalam Rumah tentu sering dilakukan banyak orang dan mungkin termasuk anda, terutama pada musim penghujan seperti sekarang ini. Meski cukup sederhana, namun ternyata ada bahaya kesehatan yang mengintai dari kebiasaan buruk tersebut.

Gangguan kesehatan akibat kebiasaan mengeringkan pakaian di dalam rumah dapat menjadi serius terutama pada orang yang sistem kekebalan tubuh yang lemah atau seseorang dengan riwayat asma cukup parah. Pakaian yang dijemur di dalam rumah dapat meningkatkan kelembaban dalam ruangan mencapai 30%, sehingga memicu perkembangbiakan spora jamur, seperti Aspergillus Fumigatus yang dapat memicu dapat mengganggu tenggorokan, menyebabkan sinus, batuk darah, dan infeksi pada paru-paru.

Profesor David Denning dan timnya dari National Aspergillosis Centre di Manchester mengeluarkan peringatan setelah mengobati semakin banyak pasien yang menghirup udara yang tercemar oleh jamur Aspergillus, karena kebiasaan pemilik rumah menjemur pakaian di dalam rumah.

Kebanyakan orang memang bisa kebal terhadap jamur yang tumbuh dalam kondisi lembab dan tubuh mereka dapat melawan infeksi. Namun, bagi orang yang memiliki asma dan sistem kekebalan tubuh yang lemah (seperti pasien kanker yang menjalani kemoterapi, penderita AIDS dan orang yang memiliki penyakit auto imun) berisiko tinggi terkena aspergillosisoo paru-paru.

Pakaian basah sebaiknya dikeringkan di luar rumah atau gunakan mesin pengering. Apabila  terpaksa harus di dalam ruangan, pilihlah ruangan untuk menjemur pakaian yang jauh dari kamar tidur dan ruang tamu.

Ringkasan:
  • Mengeringkan pakaian di dalam rumah dapat meningkatkan pertumbuhan spora jamur Aspergillus Fumigatus,
  • Jamur Aspergillus Fumigatus menyebabkan gangguan tenggorokan, menyebabkan sinus, batuk darah, dan infeksi paru-paru,

Post a Comment for "Bahaya Mengeringkan Pakaian di dalam Rumah"