Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Tips Menjaga Kesehatan Tulang
Kesehatan Tulang sangat penting untuk selalu tejaga, karena dengan tulang tubuh kita dapat menopang semua tubuh. Tulang tidak seperti tiang atau besi pancang yang kaku dan stabil, tulang adalah seperti dahan pohon hidup yang bisa bengkok, keropos atau bahkan patah. Seseorang yang berusia lebih dari 30 tahun, mulai mengalami proses pengeroposan tulang yang tidak dirasakan.

Proses pengeroposan tulang adalah proses penuaan atau degenerative, yang bisa dihambat atau diperlambat, dengan cara-cara sebagai berikut:
  • Berjemur di paparan sinar matahari pada waktu pagi hari antara pukul 8.00-9.00 dan sore hari pukul 15.00 – 16.00, untuk membantu tubuh dapat memproduksi vitamin D alami.
  • Mencukupi kebutuhan kalsium harian sebanyak 1000-1300 mg perhari. Hal ini perlu mendapatkan perhatian, karena berdasarkan survai FAO lembaga pangan dunia WHO didapatkan hasil bahwa rata-rata konsumsi kalsium harian orang asia hanya sebesar 450 mg. hal ini tentu masih sangat jauh untuk memenuhi standar kebutuhan kalsium harian. Saat kebutuhan kalsium tidak terpenuhi, maka tubuh akan mengambil cadangan kalsium dari tulang. Sehingga benguk tulang memang tetap, namun kepadatannya semakin berkurang).
Satu gelas susu hanya mengandung 300 mg kalsium, sehingga kekurangan sebanyak 750 harus dipenuhi dengan mengkonsumi makanan sumber kalsium yang lain, seperti :

- Yoghurt rendah lemak tanpa rasa: 300-450 mg per porsi (1 cup),
- Susu kedelai berkalsium,
- Jus jeruk berkalsium: 300 mg per porsi (1 cup),
- Bayam: 120 mg per porsi ( 1 cup - mentah atau 1/2 cup dimasak),
- Sayuran hijau, sayur-sayuran berdaun lebar, ikan sarden, tahu, dan ikan salmon.
  • Olahraga rutin, minimal 2 -3 x dalam satu minggu, bisa dengan jalan kaki, renang, lari pagi, fitness, bersepeda 20, bertujuan untuk memperkuat struktur tulang sehingga memperlambat proses osteoporosis
  • Mengendalikan berat badan, karena Obesitas adalah sahabat karib osteoporosis. Berat badan sebaiknya ideal dengan rumus perhitungan Indeks Masa Tubuh adalah = (Tinggi Badan – 100) X 90%. Sebagai contoh apabila Tinggi badan adalah 170 cm, maka berat badan ideal adalah (170 – 100) X 90% = 63, jadi berat badan ideal anda adalah 63 kg.
  • Apabila terasa nyeri tulang terus menerus, segera konsultasikan kepada dokter orthopaedi.
Ringkasan:
  • Kesehatan tulang harus selalu terjaga dan dijaga agar tidak mudah keropos dan tetap mampu menopang tubuh,
  • Kesehatan tulang berkaitan erat dengan kalsium yang didapatkan oleh tubuh,
  • Kebutuhan kalsium untuk tubuh adalah sekitar 1000-1300 mg perhari yang didapatkan dari susu (300mg) dan sumber kalsium yang lain.

Post a Comment for "Cara Menjaga Kesehatan Tulang"