Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gangguan Kesehatan Bagi Pekerja Shift Malam

Tips Kesehatan Pekerja
Gangguan Kesehatan bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah pola tidur yang salah. Sehingga gangguan kesehatan ini akan berisiko tinggi dialami oleh Pekerja Sift malam yang mempunyai pola tidur berbeda bagi pekerja yang bekerja pada siang hari. Bekerja di malam hari dan tidur saat orang-orang bekerja akan menyebabkan berbagai risiko penyakit apabila dilakukan terus menerus.

Pekerja sift malam akan  mengganggu irama sirkadian atau proses biologis tubuh manusia, membuat kualitas tidur menjadi buruk, sehingga memicu sekresi sejumlah hormon di dalam tubuh dan tidur mereka akan lebih terfragmentasi dan berkualitas rendah. Secara konsisten mereka mengalami kurang tidur 1-3 jam dalam waktu 24 jam dibanding pekerja di siang hari.

Pekerja shift malam dengan pola tidur yang salah akan meningkatkan risiko obesitas, kanker payudara pada wanita, kanker prostat untuk pria, bisul, komplikasi kehamilan, diabetes dan penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan di tahun 2012 menunjukkan, bekerja malam hari meningkatkan risiko kanker sebesar 40% pada wanita. Penelitian lain yang dilakukan tahun 2013 menemukan bahwa kerja malam hari meningkatkan risiko diabetes sebesar 9%. Penyebab utamanya adalah pola makan yang buruk dan perubahan metabolisme tubuh karena berkerja pada malam hari.

Kurang tidur pada malam hati akan mengurangi produksi hormon melatonin atau hormon tidur,  yang juga dapat berfungsi untuk mencegah kanker. Tidak hanya mempengaruhi kesehatan fisik saja, pekerja sift malam berisiko tinggi mengalami gangguan mental, emosional dan tingkat stress.

Seseorang yang bekerja pada malam hari akan lebih mudah merasa gelisah dan menurunkan kemampuan kognitif. Kemampuan ini akan sangat berguna bagi pekerja dengan pekerjaan yang membutuhkan presisi, sehingga menghambat pekerjaan bahkan meningkatkan resiko kecelakaan kerja.

Untuk mencegah gangguan kesehatan bagi pekerja shift malam, sebaiknya mereka mengatur pola tidur yang baik dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, dan menghindari bekerja shift malam dalam kurun waktu lama.

Ringkasan:
  • Pekerja Shift Malam mempunyai resiko gangguan kesehatan fisik dan mental yang lebih tinggi,
  • Resiko gangguan kesehatan pekerja sift malam disebabkan karena pola tidur dan pola makan yang tidak teratur dalam waktu lama,
  • Mengurangi resiko gangguan kesehatan bagi pekerja sift malam adalah dengan mengatur pola tidur dan makan yang teratur.

Post a Comment for "Gangguan Kesehatan Bagi Pekerja Shift Malam"