Home » , , » Gerakan Pijat Bayi untuk Refleksi dan Kesehatan

Gerakan Pijat Bayi untuk Refleksi dan Kesehatan


Advertisement


Sentuhan dan pijatan pada bayi setelah kelahiran dapat memberikan jaminan adanya kontak tubuh berkelanjutan yang dapat mempertahankan perasaan aman pada bayi. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknolog, para pakar telah membuktikan bahwa terapi sentuh dan pijat menghasilkan perubahan fisiologis yang menguntungkan berupa peningkatan pertumbuhan, peningkatan daya tahan tubuh, dan kecerdasan emosi yang lebih baik pada bayi.

Pijat bayi adalah seni perawatan kesehatan dan pengobatan yang dikenal sejak awal manusia diciptakan di dunia serta telah dipraktekan sejak berabad-abad tahun silam secara turun temurun oleh perawat bayi berumur 0 – 12 bulan. Pijat bayi bahkan lebih baik dilakukan oleh orang tuanya, sentuhan dan pandangan mata antara orang tua dan bayi mampu mengalirkan kekuatan jalinan kasih sayang diantara keduanya yang merupakan dasar komunikasi untuk memupuk cinta kasih secara timbale balik, mengurangi kecemasan, meningkatkan kemampuan fisik serta rasa percaya diri.

Manfaat Pijat Bayi:

·         Meningkatkan daya tahan tubuh
·         Memperbaiki peredaran darah dan pernapasan
·         Merangsang fungsi pencernaan serta pembuangan
·         Meningkatkan kenaikan berat badan
·         Mengurangi stress dan ketegangan
·         Mengingkatkan kesiagaan
·         Membuat tidur menjadi lebih lelap,
·         Mengurangi kembung dan sakit perut,
·         Meningkatkan hubungan batin antara rang tua dan bayi
·         Meningkatkan produksi ASI.

Langkah-langkah dasar Gerakan Pijat Bayi:

1.    Pemijatan Muka Bayi
  • Pemijatan muka dimulai dengan mengusap wajah bayi kea rah samping dengan kedua telapak tangan,
  • Jemari menekan lembut di tengah dahi, dan membuat gerakan ke samping kiri dank e kanan,
  • Buat lingkaran-lingkaran kecil di pelipis, juga ke daerah pipi di bawah mata,
  • Kedua ibu jari memijat alis mulai dari tengah ke samping.

2.    Pemijatan Dada Bayi

Dada dipijat dengan telapak tangan yang membuat gerakan dari tengah dada ke samping atau gerakan membentuk gambar jantung dengan meletakan ujung-ujung jari pada ulu hati.

3. Pemijatan Perut Bayi

Lakukan gerakan pada perut bayi seperti mengayuh pedal sepeda, dari atas ke bawah, dengan telapak tangan kanan dan kiri secara bergantian. Dan gerakan I”Love”You.

4. Pemijatan Tangan Bayi

Rentangkan tangan kedua tangan bayi. Lalu pijat lembut, mulai dari bahu hingga pergelangan tangannya. Pegang salah satu tangan, lakukan memijat seperti memerah susu, dari lengan atasnya hingga pergelangan tangan. Dan remas telapak tangan, lalu punggung tangan bayi. Dengan ibu jari dan telunjuk anda, putar pelan-pelan jari jemari tangannya.

5. Pemijatan Kaki Bayi

Pegang Kaki bayi lalu remas dengan lembut bagian telapak dan punggung kakinya Dengan ibu jari dan telunjuk anda. Putar pelan pelan jari-jari kakinya, pijat secara lembut mulai dari pergelangan kaki , tungkai lalu ke paha bayi. Pegang kakinya seperti memegang stik softball, lakukan gerakan seperti memerah susu dari paha kearah pergelangan kaki.

6. Pemijatan Punggung Bayi

Telungkupkan bayi, lalu letakan kedua telapak tangan anda di punggungnya. Lakukan usapan lembut mulai dari tengkuk hingga bokong buah hati anda secara bergantian. Apabila bayi telungkup di pangkuan, usap lembut bisa anda lakukan dengan satu tangan, sementara tangan anda menahan dada bayi agar pernapasannya tidak tergangu.

Anak memiliki nilai yang sangat tinggi untuk keluarga dan bangsa. Setiap orang tua pasti mengharapkan anaknya dapat tumbuh dengan maksimal sehingga menjadi sumber daya yang berkualitas. Pertumbuhan dan perkembangan yang maksimal merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling berkaitan, yaitu factor genetik, lingkungan, perilaku, dan rangsangan atau stimulasi yang berguna, salah satunya adalah dengan melakukan pemijatan sederhana dengan menggunakan gerakan-gerakan seperti di atas.

Kesimpulan:

  • Sentuhan, pijatan dan tatapan mata akan meningkatkan hubungan batin antara ibu dengan anak,
  • Pemijatan bayi adalah seni yang sudah dikenalkan mulai dari orang ada di dunia,
  • Pemijatan bayi lebih sering dilakukan pada bayi dengan umur 0-12 bulan.



Comments
0 Comments

0 comments:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger