Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bakteri Penyebab Meningitis dan Cara Penularannya

Bakteri Penyebab Meningitis
Penyakit Meningitis atau Radang selaput otak adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat infeksi pada lapisan otak atau urat syaraf tulang belakang karena virus atau bakteri. Gejala Meningitis yang disebabkan oleh virus umumnya tidak berbahaya akan sembuh tanpa pengobatan dan perawatan yang spesifik. Namun apabila gejala Meningitis disebabkan oleh bakteri bisa mengakibatkan kerusakan otak, hilangnya pendengaran, kurangnya kemampuan belajar, kecacatan dan bahkan kematian. Penyebab lain yang jarang terjadi adalah Meningitis yang disebabkan oleh jamur. Hal ini dikarenakan, Meningitis jenis ini umumnya diderita orang yang mengalami kerusakan immun (daya tahan tubuh) seperti pada penderita HIV AIDS.

Adapun Bakteri yang mengakibatkan Gejala meningitis adalah:

1. Streptococcus pneumoniae (pneumococcus)

Bakteri jenis ini merupakan salah satu penyebab terbanyak meningitis pada bayi dan anak-anak. Bakteri pneumococcus juga menyebabkan infeksi pneumonia, telinga dan rongga hidung (sinus).

2. Neisseria meningitidis (meningococcus)

Terjadi akibat adanya infeksi pada saluran nafas bagian atas yang kemudian bakteri masuk kedalam peredaran darah damn mencapai otak, sehingga menjadi penyebab Penyebab Meningitis. Infeksi dari bakteri ini bisa menyebabkan kematian dalam waktu 24-48 jam.

3. Haemophilus influenzae (haemophilus)

Bakteri Haemophilus influenzae type b adalah jenis bakteri yang menyebabkan infeksi pernafasan bagian atas, telinga bagian dalam dan sinusitis. Infeksi jenis bakteri ini bisa diatasi dengan Pemberian vaksin (Hib vaccine).

4. Listeria monocytogenes (listeria)

Bakteri penyebab meningitis ini dapat ditemukan di banyak tempat, bahkan di dalam makanan yang telah terkontaminasi. Bakteri listeria berasal dari hewan peliharaan, dan makanan yang mungkin terkontaminasi oleh bakteri jenis ini adalah hot dog, keju dan daging sandwich.

5. Bakteri lain yang juga dapat menyebabkan meningitis adalah Staphylococcus aureus dan Mycobacterium tuberculosis, yang merupakan salah satu bakteri penyebab TBC. Gejala Meningitis dapat diderita oleh siapa saja, dan apabila dikelompokkan berdasarkan usia maka yang akan lebih beresiko terkena bakteri penyebab meningitis adalah :

Meningitis pada Anak-anak


Anak dengan usia satu tahun berada dalam posisi paling rentan terhadap Gejala Meningitis pada Anak. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 6-10% dari anak yang terkena penyakit ini tidak ditangani secara cepat dan menyebabkan kematian.

Meningitis pada Remaja dan dewasa


Bagi anda yang berusia 15 – 24 tahun termasuk ke dalam kelompok yang rentan terhadap Penyakit Meningitis. Hal ini lebih disebabkan karena perubahan gaya hidup seperti merokok, clubbing dan traveling.

Meningitis pada Lanjut usia

Daya tahan tubuh orang yang berumur diatas 55 tahun yang mulai menurun, menjadi salah satu faktor yang menyebabkan virus Meningokokus lebih mudah menyerang.

Penularan Meningitis 


Gejala Meningitis yang disebabkan oleh virus dapat ditularkan saat batuk, bersin, ciuman, berbagi makan dengan sendok yang sama, pemakaian sikat gigi yang sama dan merokok bergantian dalam satu batang. Untuk itu, sebaiknya anda yang mengetahui orang disekeliling menderita meningitis haruslah berhati-hati. Pastikan Mancuci tangan yang bersih sebelum makan dan setelah ke toilet umum dan setelah memegang hewan peliharaan. Agar mempunyai daya tahan yang kuat untuk melindungi dari Bakteri Penyebab Meningitis, sebaiknya anda Menjaga stamina dengan makan bergizi dan berolahraga yang teratur.

Ringkasan:
  • Gejala Meningitis dapat disebabkan dari 6 bakteri yang berbeda,
  • Anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua sangat mungkin terkena Meningitis,
  • Penularan Penyakit Meningitis bisa melalui udara, kontak langsung dan penggunaan perlengkapan makan bersama penderita.

Post a Comment for "Bakteri Penyebab Meningitis dan Cara Penularannya"