Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit dan Gejala Meningitis pada Anak

Penyakit Meningitis pada Anak
Penyakit Meningitis akhir-akhir ini sering anda dengar di TV, hal ini dikarenakan kabar presenter Olga Syahputra Menderita Penyakit Meningitis ini. Adapun meningitis adalah terjadinya peradangan pada membran atau selaput yang melapisi otak dan syaraf tunjang. Penyebab Meningitis disebabkan oleh organisme seperti virus, bakteri, ataupun jamur yang menyebar masuk ke dalam darah dan berpindah ke dalam cairan otak.

Pada dasarnya penyakit meningitis bisa menyarang siapa saja, namun lebih banyak menyerang anak-anak. Yang membedakan dari penyakit meningitis pada dewasa dan anak-anak adalah apabila pada dewasa lebih banyak disebabkan adalah virus, sedangkan meningitis pada anak disebabkan karena bakteri. Adapun bakteri dan virus yang menjadi penyebab meningitis adalah:
  1. Streptococcus pneumoniae (pneumococcus) adalah bakteri yang menjadi penyebab infeksi pneumonia, radang telinga dan rongga sinus,
  2. Neisseria meningitidis (meningococcus) adalah bakteri yang menjadi penyebab infeksi saluran pernapasan bagian atas,
  3. Haemophilus influenzae (haemophilus) adalah bakteri yang menjadi penyebab sinusitis,
  4. Listeria monocytogenes (listeria) yaitu bakteri yang menjadi penyebab meningitis,
  5. Staphylococcus aureus,
  6. Mycobacterium tuberculosis,
  7. Hemophilud influenza type b (Hib), adalah virus yang menjadi penyebab meningitis pada orang dewasa.
Gejala Meningitis pada Anak

Gejala awal Penyakit Meningitis sulit dideteksi, sehingga para orangtua harus meningkatkan kewaspadaan. Sedangkan gejala umum pada anak-anak yang berusia diatas 2 tahun adalah demam, sakit kepala dan kekakuan pada otot leher yang terjadi selama beberapa jam. Beberapa kasus Meningitis pada anak juga menimbulkan gejala takut pada suara keras, muntah, perut mual, lesu, kesusahan saat bangun tidur bahkan sampai anak pingsan.

Untuk Mengatasi Meningitis pada anak, maka secepatnya harus membawanya ke Rumah Sakit untuk dilakukan pemeriksaan fisik, Rontgen, Laboratorium, dan Pemeriksaan Lumbar puncture (pemeriksaan cairan selaput otak). Apabila pemeriksaan di temukan positif meningitis, maka dokter akan memberikan antibiotik dengan Infus (intravenous), sebagai pengobatan dan menghindari resiko komplikasi.

Pencegahan Meningitis pada Anak

Adapun langkah Pencegahan Meningitis pada Anak yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
  1. Mencuci tangan yang bersih sebelum makan dan setelah dari toilet dan memegang hewan.
  2. Menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara rutin.
  3. Melakukan Imunisasi vaksin (vaccine) Meningitis, merupakan cara mudah sebagai upaya pencegahan penyebab meningitis.  Adapun vaccine yang telah dikenal sebagai pencegahan terhadap meningitis adalah; Haemophilus influenzae type b (Hib) dan Pneumococcal conjugate vaccine (PCV7)
Ringkasan:
  • Penyakit Meningitis adalah adanya peradangan pada selaput yang melapisi otak dan syaraf tunjang,
  • Gejala Meningitis pada Anak adalah demam, sakit kepala dan kekakuan pada otot leher,
  • Diagnosis Meningitis pada Anak adalah dengan pemeriksaan Fisik, Rontgen, Laboratorium, dan Pemeriksaan cairan selaput otak.

Post a Comment for "Penyakit dan Gejala Meningitis pada Anak"