Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemanfaatan Media Internet untuk Pelayanan Kesehatan Jarak Jauh

Telenursing Pelayanan Kesehatan Jarak Jauh
Layanan kesehatan khusus dengan menggunakan media teknologi informatika (internet) tentu akan lebih memberikan kemudahan bagi masyarakat. Dengan pemanfaatan media  ini Masyarakat pasien tidak perlu datang ke rumah sakit untuk mendapatkan dokter atau perawat untuk mendapatkan layanan kesehatan yang maksimal. Waktu yang diperlukan untuk pelayanan kesehatan juga semakin singkat. Hal ini dikarenakan ,pasien cukup dirumah dan melakukan kontak via internet atau melalui video converence untuk mendapatkan informasi kesehatan, perawatan dan bahkan sampai pengobatan secara lengkap seperti melakukan kontak langsung dengan dokter.

Lain dari pada itu, masih banyak manfaat lain bila kita menggunakan teknologi untuk Pelayanan Kesehatan jarak Jauh (Telenursing ), yang diantaranya adalah:


  1. Lebih efektif dan efisien dalam biaya dan waktu keperawatan,
  2. Dengan sumber daya yang minimal dapat meningkatkan jangkauan pelayanan keperawatan tanpa batas geografis,
  3. Akan mengurangi jumlah kunjungan dan lama hari rawat di rumah sakit, yang tentu akan lebih menhemat biaya operasional rumah sakit,
  4. Dapat dimanfaatkan sebagai bidang pendidikan keperawatan (model distance learning) dan perkembangan riset keperawatan berbasis informatika kesehatan. Telenursing dapat juga digunakan dikampus dengan video conference, pembelajaran online dan Multimedia Distance Learning bagi calon dokter atau perawat.
Telekomunikasi elektronikal merupakan akses terbaik untuk kesempatan pendidikan, metode baru dalam pendokumentasian, peningkatan akses informasi yang lebih cepat, dan akan mendukung pengembangkan kemampuan pengambilan keputusan yang dapat membantu melakukan perubahan dalam profesionalisasi dokter dan perawat. Dan semoga Pemanfaatan Media Internet akan bisa dimanfaatkan dan dikembangkan secara maksimal di seluruh negara.

Kesimpulan:

  • Pemanfaatan Media Internet untuk Pelayanan Kesehatan lebih efektif dan efisien,
  • Pelayanan Kesehatan jarak Jauh (Telenursing ), juga bisa dimanfaatkan dalam bidang pendidikan.

Post a Comment for "Pemanfaatan Media Internet untuk Pelayanan Kesehatan Jarak Jauh"