Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ancaman Kanker Lidah yang Mematikan

Gambar Ciri-Ciri Kanker Lidah
Kanker lidah adalah salah satu jenis kanker yang terjadi di dalam rongga mulut, terutama di bagian lidah. Penyakit kanker ini biasanya menyerang di bagian pangkal lidah, belakang lidah dan pinggir lidah. Munculnya kanker lidah yang hanya ditandai berupa gejala awal seperti penyakit sariawan menyadarkan kita agar tak menyepelekan penyakit yang mematikan ini. Pria perokok dan pria berusia 60 tahun berisiko tinggi terkena kanker lidah, namun wanita juga sangat mungkin untuk mengalaminya. Seperti yang dialami oleh aktris dari Indonesia Cecilia Vickend yang meninggal akhir tahun lalu, karena menderita Kanker Lidah selama 2 tahun.

Penyebab Kanker Lidah

Sampai saat ini, memang faktor utama penyebab kanker lidah belum diketahui secara pasti. Namun para ahli medis meyakini bahwa luka dan infeksi pada lidah dapat memicu terjadinya kanker lidah. Paparan sinar ultraviolet, zat radioaktif dan melemahnya daya tahan tubuh manusia juga diperkirakan sebagai penyebab terjadinya kanker lidah. Bahkan faktor psikis dan genetik juga berpengaruh terhadap tingkat keparahan penyakit mematikan ini.

Gejala Kanker Lidah

Gejala awal kanker lidah mirip dengan sariawan. Namun apabila apabila daerah sekitar sariawan bila diraba akan terasa lunak, sedangkan pada kasus kanker lidah, daerah sekitar luka terasa mengeras. Rasa sakit pada penderita kanker lidah juga akan akan menjalar dari leher menuju telinga. Pergerakan lidah juga terasa kaku dan sakit saat menelan. Adapun gejala lain kanker lidah adalah:
  •  Munculnya bercak berwarna merah atau putih pada lidah dalam waktu lama,
  • Sariawan dan peradangan di lidah secara terus menerus,
  •  Nyeri saat mengunyah dan untuk menelan makanan,
  • Pendarahan pada lidah tanpa sebab yang jelas,
  • Radang tenggorokan dalam waktu yang lama,
  • Mulut sering mengalami mati rasa,
  • Nyeri dari telinga menuju leher.
  • Pengobatan Kanker Lidah
Apabila Anda merasakan salah satu gejala di atas, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis awal. Setelah itu biasanya Dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan ukuran dan perluasan area gejala kanker Lidah yang menyerang.

Pengobatan lebih lanjut dilakukan dengan menggunakan radioterapi dan kemoterapi, yang berfungsi untuk mengurangi perluasan dan peradangan pada kanker lidah. Dan ketika kanker lidah sudah menjalar dan mencapai stadium akut, kombinasi operasi dan radioterapi akan dilakukan oleh tim medis untuk metode pengobatan Kanker Lidah.

Pencegahan Kanker Lidah

Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker lidah, di antaranya adalah dengan membersihkan gigi dan mulut secara teratur, hindari rokok atau mengunyah produk tembakau, hindari minum minuman beralkohol, batasi ekspos terhadap sinar matahari (Ultraviolet) berolahraga secara teratur, dan makan makanan yang mampu mencegah pertubuhan kanker.

The American Institute for Cancer Research juga merekomendasikan untuk lebih banyak mengkonsumsi buah, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap, biji rami, bawang putih, teh hijau, anggur, kedelai dan tomat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Semua metode pencegahan kanker lidah tersebut juga harus diimbangi dengan Diet dan pemenuhan nutrisi pada tubuh.

Ringkasan:
  • Kanker lidah adalah jenis kanker yang menyerang bagian mulut khususnya pada lidah,
  • Kanker lidah banyak diderita pria perokok, namun ditemukan juga kasus meninggal pada pasien wanita kanker lidah,
  • Jenis Kanker Lidah bisa dicegah dengan beragam cara alami yang menyehatkan.

Post a Comment for "Ancaman Kanker Lidah yang Mematikan"