Home » , , , » Pemeriksaan Thin Prep Lebih Efektif Dari pada Pap Smear

Pemeriksaan Thin Prep Lebih Efektif Dari pada Pap Smear


Gambar Pemeriksaan Thin Prep
Pemeriksaan Thin Prep adalah metode pemeriksaan yang untuk berfungsi mendeteksi dini Kanker Leher Rahim atau di seputar organ reproduksi. Pengambilan Sel-sel pada Thin Prep sama dengan Pemeriksaan Pap Smear. Yang membedakan adalah sel-sel yang telah diambil tersebut tidak diletakkan dan diratakan pada preparat kaca, namun dimasukkan ke dalam sebuah tabung yang berisi cairan. Hal tersebut bertujuan untuk menstabilkan dan menjaga kondisi sampel sel-sel dari organ reproduksi wanita yang diperiksa di laboratorium tetap dalam kondisi yang sama dengan saat pengambilan. Sehingga bisa dikatakan Metode Pemeriksaan Thin Prep lebih baik dari pada Pap Smear.

Metode Pemeriksaan Thin Prep

Pemeriksaan Thin Prep sebaiknya dilakukan pada waktu 3 tahun pertama setelah melakukan hubungan seksual atau setelah wanita mencapai umur 21 tahun, dan berlanjut dilakukan secara rutin setiap tahun. Pemeriksaan Thin prep dilakukan dengan beberapa tahapan, yang diantaranya adalah:

  1. Dokter atau tenaga ahli akan mengambil sampel sel dari leher rahim. Pemeriksaan ini akan memeriksa seluruh bagian serviks atau leher rahim.
  2. Sampel sel dari Leher Rahim dimasukkan ke dalam vial atau botol Thin prep yang berisi cairan khusus.
  3. Sel-sel sampel ini segera diawetkan dan dikirim ke laboratorium, untuk dilakukan pengujian.
  4. Di laboratorium Sampel tersebut dibuat menjadi slide dan diwarnai dengan pewarna khusus sehingga sel-sel tersebut terlihat lebih jelas ketika dilihat melalui mikroskop.
  5. Membran khusus juga digunakan untuk membuat preparat dengan irisan yang tipis.
  6. Lapisan tipis tersebut terdiri dari sel-sel yang akan memperlihatkan elemen mencurigakan apabila terjadi infeksi atau jaringan yang tidak normal.

Kelebihan dan Kekurangan Thin Prep

Kelebihan Thin Prep
Kekurangan Thin Prep
Pengambilan dan penyimpanan sampel serviks lebih baik
Hasil yang didapatkan lebih akurat mencapai 100%
Lebih akurat mendeteksi apabila ada sel yang tidak normal
Diagnosis yang dihasilkan dari pemeriksaan akan lebih tepat dan pasti
Metode Thin Prep baru diperkenalkan di Indonesia sehingga belum tersedia secara luas di Klinik-Klinik Laboratorium


Menyikapi Hasil Pemeriksaan Thin Prep

Apabila ditemukan hasil tidak normal pada Pemeriksaan Thinprep Tes bukan berarti Anda terkena kanker. Namun banyak hasil tes yang hanya disebabkan oleh adanya infeksi atau pembengkakan pada leher rahim atau pada salah satu organ reproduksi anda. Perhatikan penjelasan dari dokter tentang hasil tes, apabila ada yang kurang anda pahami segera konsultasikan. Apa yang akan terjadi kemudian dan bagaimana perawatan yang harus anda lakukan. Dalam kondisi tersebut, biasanya dokter akan memberikan obat yang harus anda konsumsi dan melakukan pemeriksaan ulang diwaktu mendatang.

Tempat dan Biaya Thin Prep

Pemeriksaan Thin Prep bisa anda lakukan di rumah sakit atau klinik laboratorium. Namun memang saat ini belum semua rumah sakit dan klinik laboratorium yang bisa melakukan Pemeriksaan ini. Salah satu Klinik yang bisa anda datangi untuk pemeriksaan adalah Pemeriksaan klinik Moegni di Teuku Cik Ditiro dengan biaya sekitar Rp. 500.000. Ya memang Biaya Thinprep Tes lebih mahal apabila dibandingkan dengan pemeriksaan Biaya Pap Smear, namun dengan hasil yang lebih efektif dan akurat, tentu bukan menjadi masalah.

Ringkasan:
  • Metode Pengambilan Sampel sel pada Pap Smear dengan Thin Prep Tes sama,
  • Hasil Pemeriksaan Thin Prep lebih efektif dan Akurat dibandingkan dengan Pap Smear,
  • Biaya Thin Prep di Indonesia Tahun 2013 sekitar Rp 500.000.





Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger