Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Enam Masalah Tubuh setelah Melahirkan dan cara Memperbaikinya


Gambar Masalah Tubuh setelah Melahirkan
Masalah Tubuh setelah Melahirkan biasanya muncul karena adanya perubahan bentuk tubuh selama kehamilan. Beberapa permasalahan seperti berat badan, memang bisa ditangani lebih mudah dan cepat. Namun masalah lain seperti Luka Bekas Caesar, Perut Menggemuk, Payudara Kendur, tanda-tanda kehamilan pada perut dan bekas tanda-tanda kehamilan yang lain sulit dihindarkan. Adapun beberapa masalah setelah melahirkan tersebut dapat diatasi dengan beberapa langkah seperti berikut:

Luka Bekas Operasi Caesar


Luka ini biasanya akan memudar dalam waktu satu atau dua tahun, kecuali apabila luka tersebut membekas dan berubah menjadi Keloid, sehingga sangat sulit untuk dihilangkan. Untuk menghilangkan bekas operasi caesar harus dilakukan sejak awal. Pengobatan luka operasi caesar agar tidak menjadi keloid, yaitu dengan suntikan steroid. Penggunaan produk Vitamin E sebagai masker bekas operasi caesar tidak terbukti mengubah kolagen kulit.


Payudara Kendur Setelah Melahirkan Dan Menyusui


Payudara mengendur setelah melahirkan terutama selama menyusui, bisa diatasi dengan berolahraga dengan gerakan yang mampu mengubah otot-otot dada di sekitar payudara. Gerakan ini akan membuat payudara  terangkat sehingga membuat payudara terlihat lebih kencang. Gerakan-gerakan yang bisa anda lakukan adalah push-up, Sit-up, pull-overs, dan gerakan penekanan pada dada. Penggunaan krim pengencang payudara, sampai saat ini belum terbukti efektif mengembalikan elastisitas payudara anda.


Melasma


70% ibu hamil mengalami topeng kehamilan atau Malasma, yaitu bercak gelap pada pipi, dahi dan bibir atas yang biasanya tidak akan hilang sepenuhnya. Bercak-bercak ini muncul karena adanya fluktuasi hormon saat kehamilan. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya akan meresepkan dokter seperti tretinoin dan steroid dan akan membaik setelah beberapa minggu. Namun perlu diketahui bahwa krim jenis ini tidak boleh digunakan untuk ibu menyusui atau hamil. Cara paling cepat dan mudah tentu saja menutupinya dengan make up.

Perut Menggemuk

Mengatasi Masalah Tubuh setelah Melahirkan seperti Perut yang masih terlihat buncit bisa diatasi dengan olah raga seperti sit-up dan push-up. Lakukan dua set 5-8 pengulangan, dan dilakukan tiga kali seminggu secara rutin.

Munculnya Stretcmark


Stretcmark adalah bekas peradangan kulit yang biasanya berwarna putih atau perut yang terdapat pada kulit di perut, pinggul, payudara atau pantat, tergantung pada genetika dan seberapa cepat kenaikan berat badan Ibu Hamil. Semakin cepat bekas tanda-tanda kehamilan tersebut diobati, maka semakin besar kemungkinan akan hilang. Krim Retin-A bisa digunakan untuk menghilangkan bekas peregangan kulit setelah melahirkan. Krim ini membangun dan mengencangkan kolagen yang rusak saat kulit tertarik.
Metode lain Pengobatan B Stretcmark kulit adalah dengan Mikrodermabrasi. Yaitu sebuah prosedur penggunaan kristal kecil untuk menghapus lapisan atas kulit dan merangsang produksi. Hal ini memungkinkan terbentuknya kolagen baru untuk memperbaiki bekas luka.


Varises

40% wanita hamil biasanya varises di bagian betis dan paha. Hal ini dipicu oleh faktor keturunan, hormon dan tekanan pada vena saat kehamilan. Gangguan Varises ini biasanya akan membaik setelah melahirkan, namun ada beberapa yang tidak hilang seluruhnya.

Untuk mengatasi Masalah Tubuh setelah Melahirkan tersebut, bisa diatasi dengan prosedur sclerotherapy. Yaitu prosedur  penyuntikan pembuluh darah vena yang terkena Varises dengan larutan yang menyebabkan pembuluh menutup. Ketika larutan ini memudar maka diharapkan Varises ini juga akan menghilang.


Ringkasan:
  • Masalah Tubuh setelah Melahirkan disebabkan karena bekas operasi, perubahan hormon atau perubahan bentuk tubuh,
  • Keloid adalah salah satu masalah yang sering dialami setelah operasi caesar saat persalinan.

Post a Comment for "Enam Masalah Tubuh setelah Melahirkan dan cara Memperbaikinya"