Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sinyal Persalinan Normal pada Ibu Hamil

Sinyal Persalinan Normal
Sinyal Persalinan Normal sebenarnya sudah bisa diketahui saat jauh hari sebelum proses persalinan. Menjelang HPL (Hari Perkiraan Lahir) atau sekitar minggu ke-36 atau minggu ke-37, Ibu hamil biasanya akan mengalami tanda-tanda akan melahirkan seperti nyeri di punggung, kontraksi, keluar darah bercampur lendir, sering buang air kecil atau pecahnya selaput ketuban.

Rasa takut dan panik menjelang persalinan adalah hal yang wajar dialami oleh calon ibu. Untuk itu persiapan mental dan fisik perlu dilakukan. Persalinan seperti apa yang diinginkan sebaiknya juga telah ditentukan, apakah proses kelahiran secara normal, Caesar, water birth, hypnobirthing atau metode persalinan normal tanpa rasa nyeri yang lainnya. Dan tentu proses persalinan normal adalah yang terbaik, yang sebaiknya anda pilih.

Proses persalinan normal adalah ketika bayi keluar melalui vagina baik itu dengan bantuan seperti induksi atau rangsangan/stimulasi, atau tanpa bantuan. Proses Induksi sendiri bisa dibedakan secara kimia dan mekanik. Induksi Kimia adalah dengan penggunaan obat-obatan, sedangkan Induksi Mekanik, dilakukan dengan metode stripping, vibrator, atau dengan memecahkan ketuban.

Sinyal Persalinan Normal

Adapun Sinyal Persalinan Normal yang bisa diamati adalah:
  • Terjadinya Pendarahan atau keluarnya selaput darah dari vagina,
  • Mengalami Nyeri di punggung di bagian bawah. Rasa nyeri tersebut akan semakin sering dirasakan saat kehamilan memasuki usia 40 minggu. Hal tersebut  dikarenakan posisi bayi yang mulai turun dengan kepala masuk ke lingkaran tulang.
  • Mengalami Kontraksi di awal proses persalinan. Kontraksi pada persalinan normal biasanya lebih sering terjadi dalam waktu singkat. Dan setelah mendekati kelahiran, kontraksi akan berlangsung lama dan lebih kuat.
  • Pecahnya selaput pembalut dan sering terjadi pada kehamilan bayi pertama. Pecahnya selaput pembalut ditandai dengan mengalirnya cairan bening dari vagina dan tidak akan berhenti, karena terus diproduksi sampai proses persalinan.
Mempersiapkan persalinan memang harus dilakukan baik itu secara mental maupun fisik, agar persalinan caesar bisa dihindari. Selain membutuhkan biaya yang lebih besar, operasi caesar untuk persalinan juga memberikan banyak dampak buruk pada ibu.

Ringkasan:
  • Sinyal Persalinan Normal sudah bisa dilihat ketika usia kehamilan 36 atau 37 Minggu,
  • Pecahnya ketuban dan rasa nyeri yang sering terjadi menjadi tanda awal persalinan normal,
  • Operasi Caesar memberikan banyak efek negatif terutama untuk ibu.

Post a Comment for "Sinyal Persalinan Normal pada Ibu Hamil"