Home » , , , » Tips Berolahraga untuk Pasien Diabetes yang Berpuasa

Tips Berolahraga untuk Pasien Diabetes yang Berpuasa


Pasien Diabetes yang Berpuasa tentu harus dengan pola yang berbeda dengan arang sehat yang lainya, karena diet ketat untuk pengendalian gula harus dilakukan. Salah satu tips tepat adalah dengan berolahraga. Olahraga baik untuk menjaga kebugaran, membantu pengendalian gula darah dan berat badan pasien diabetes.

Berolahraga untuk pasien Diabetes yang sedang berpuasa tentu tidak dapat dilakukan seperti saat tidak berpuasa. Hal ini tentu bertujuan untuk mengurangi resiko yang mengakibatkan darah lebih kental. Apabila darah Pasien Diabetes terlalu kental, akan meningkatkan resiko komplikasi serius, seperti keracunan atau ketoasidosis. Untuk itu melakukan pengaturan waktu dan menentukan jenis aktivitas yang tepat sangat penting dilakukan.

Olahraga untuk Pasien Diabetes yang berpuasa di bulan ramadhan, sebaiknya tidak dilakukan di siang hingga sore hari. Hal ini dikarenakan kadar gula darah dan air dalam tubuh umum mengalami kondisi paling rendah di siang hingga menjelang waktu buka puasa. Sehingga apabila olahraga tetap dilakukan, risiko gula darah rendah (hipoglikemia) dan dehidrasi kan meningkat.

Waktu yang tepat untuk Berolahraga bagi pasien diabetes yang berpuasa adalah di pagi hari satu jam setelah sahur atau satu jam setelah berbuka. Sehingga bisa disimpulkan bahwa olahraga satu jam setelah makan adalah cara yang paling aman, menghindari dehidrasi dan hipoglikemia.

Jenis olahraga yang dilakukan sebaiknya juga tidak terlalu berat seperti berjalan kaki, jalan ditempat atau lari ringan ditempat. Shalat Tarawih, ibadah sunah dilakukan yang dilakukan di bulan Ramadhan, juga bisa menjadi pilihan aktifitas ringan untuk menjaga kesehatan pasien diabetes.

Akvitas fisik sehari-hari Pasien Diabetes yang berpuasa juga tetap boleh dilakukan, dengan catatan harus disiplin terhadap prinsip pengelolaan / diet diabetes selama puasa dan dilakukan pengecekan kadar gula darah secara rutin. Untuk menghindari kekurangan cairan didalam tubuh, adalah dengan minum cukup air, bahkan hingga 10 gelas dalan satu hari. Pola minum ini bisa dilakukan saat sahur, berbuka, sebelum dan sesudah shalat Tarawih, dan saat sebelum tidur.

Ringkasan:
  • Berolahraga untuk Pasien Diabetes yang Berpuasa, sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari setelah berbuka,
  • Sholat tarawih menjadi salah satu aktifitas, yang juga baik dilakukan oleh Pasien Diabetes saat berpuasa,
  • Atur pola minum minimal 8 gela perhari untuk pasien diabetes saat berpuasa.


Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger