Tips Berpuasa untuk Pasien Diabetes


Berpuasa untuk Pasien Diabetes apabila masih mampu dan tidak menurunkan kondisi tubuh tentu masih menjadi sebuah kewajiban. Pasien Diabetes yang ingin berpuasa sebaiknya lebih maksimal dalam pengelolaan gaya hidup yang meliputi aktivitas fisik, pola makan, serta konsumsi obat-obatan pencegah naiknya kadar gula darah.


Adapun Risiko yang harus dihadapi oleh pasien diabetes saat berpuasa adalah; kadar gula dalam darah terlalu rendah (hipoglikemia), atau sebaliknya terlalu tinggi (hiperglikemia), ketoasidosis, dehidrasi, dan terjadi sumbatan pada pembuluh darah (trombosis). Untuk itu pasien harus harus tahu apa yang harus dilakukan saat hasil pemeriksaan menunjukkan risiko-risiko tersebut diatas.


Sebagai contoh apabila hasil tes adalah hipoglikemia, maka pasien diabetes harus segera membatalkan puasa dan minum airgula dan mengkonsumsi makanan manis lainnya. Pemeriksaan tersebut juga sebaiknya dilakukan saat sebelum berbuka dan dua jam setelah berbuka, sebelum tidur, sebelum makan sahur, saat tengah hari, sesuai dengan kebutuhan, dan atau sesuai kondisi tubuh pasien.


Tips Menekan Gula Darah Saat Puasa


Diabetes adalah penyakit kronik yang dapat menggangu kualitas hidup penderitanya terutama ketika berpuasa. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa mengatur pola hidup sehat yang diantaranya: 


  • Angkat Beban bertujuan untuk menambah masa otot. Hal ini diperkuat oleh penelitian bahwa penambahan 10 % massa otot, akan menurunkan risiko prediabetes sebanyak 12 %. Aktifitas ini bisa dilakukan pada sore hari ketika menjelang buka puasa.
  • Cukup Tidur saat berpuasa akan menghindarkan resiko roesistensi insulin, Orang yang tidur kurang dari enam jam sehari akan meningkatkan risiko diabetes.
  • Konsumsi serat yang cukup untuk menjaga pencernaan dan memperlambat glukosa dalam aliran darah. Sebagai pengganti nasi putih, anda juga bisa mencoba nasi merah sebagai sumber karbohidrat yang sehat untuk penderita diabetes,. 
  • Hindari stres saat berpuasa, agar hormon stres kortisol yang dapat meningkatkan kadar gula darah tidak menyerang anda. 
  • Konsumsi omega-3, untuk memperbaiki sensitivitas insulin,
  • Konsumsi vitamin D, untuk menurunkan resiko diabetes tipe 2. Takaran saji Vitamin D untuk penderita diabetes yang dianjurkan adalah 1000 hingga 2000 IU per hari melalui ikan laut, produk susu, atau konsumsi suplemen.
  • Konsumsi kayu manis, saat sahur atau buka puasa juga bisa mengurangi kadar gula darah. Hal ini dikarenakan Kayu manis mengandung banyak nutrien yang disebut polifenol dan berfungsi untuk membantu insulin pada Penderita DIabetes Mellitus untuk bekerja lebih efektif.

Ringkasan:
  • Berpuasa untuk Pasien Diabetes akan mudah dilakukan dengan mengatur pola hidup sehat,
  • Cukup tidur dan mengkonsumsi beberapa makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa akan menormalkan kadar gula darah,
  • Olah raga ringan saat berpuasa sebaiknya dilakukan saat sebelum berbuka puasa / sore hari.


Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger