Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Gangguan Kesehatan Setelah Lebaran Berakhir

Gangguan Kesehatan Setelah Lebaran Berakhir biasanya akan meningkat. Hal ini bisa diketahui dari meningkatnya kunjungan di berbagai pusat pelayanan kesehatan atau dokter praktek. Bahkan instalasi gawat darurat  di rumah sakit biasanya akan menampung banyak pasien berat (stroke, serangan jantung, gula darah dan infeksi paru).

Ada tiga kelompok penyebab gangguan kesehatan yang sering terjadi setelah lebaran, yaitu penyakit akibat kelelahan, penyakit kronik yang kambuh dan Penyakit yang disebabkan Lingkungan Rumah Kotor. Adapun penjelasannya adalah sebagai berikut:

Gangguan Kesehatan Akibat Kelelahan
Perjalanan mudik yang melelahkan dan mengkonsumsi makanan tidak sehat meningkatkan resiko infeksi pernafasan atas, diare dan flu. Kurangnya waktu istirahat dan bergerak saat berkendara juga menyebabkan sakit kepala dan mengalami pegal-pegal. Gangguan Kesehatan Ringan tersebut bisa disembuhkan dengan mencukupkan waktu tidur.

Namun tentu banyak diantara anda yang tidak akan mencukupkan waktu tidur karena, keinginan untuk berkunjung ke keluarga atau kerabat. Pada kondisi ini kelelahan akan semakin meningkat dan memperburuk daya tahan tubuh. Sehingga penyakit lebih mudah menyerang.

Gangguan Kesehatan Kronik
Gangguan Kesehatan Serius (Kronik) yang dulu pernah dialami biasanya akan muncul kembali saat lebaran. Hal ini disebabkan karena pola makan yang tidak terjaga (banyaknya mengonsumsi makanan / minuman manis, tinggi lemak, dan asin).

Penyakit yang paling mudah kambuh saat lebaran adalah diabetes, hiperkolesterol dan asam urat. Seorang Obesitas yang saat bulan ramadhan mengalami penurunan berat badan, maka setelah lebaran berat badannya akan naik kembali bahkan akan melebihi saat sebelum bulan puasa. Penderita Sakit maag biasanya juga akan mengalami kekambuhan, karena makan tidak teratur dan mengkonsumsi makanan yang berlemak, keju atau coklat secara berlebihan.

Gangguan Kesehatan Karena Kebersihan Lingkungan
Kebersihan Lingkungan Rumah saat ditinggal mudik biasanya tidak diperhatikan. Bukan saja karena Pembantu Rumah Tangga yang juga ikut Mudik, namun sampah yang menumpuk karena petugas pembuang sampah juga libur, akan meningkatkan jumlah lalat dan tikus-tikus.

Binatang-binatang pembawa bibit penyakit ini akan memberikan dampak Gangguan Kesehatan seperti infeksi usus (diare), demam thypoid. Leptospirosis, Demam Berdarah. Makanan dengan penyimpanan tidak baik juga akan rentan ditumbuhi jamur, menjadi basi, dan memicu kontaminasi terhadap makanan mentah berada dekat makanan tersebut. Hal tersebut akan menyebabkan kejadian keracunan makanan setelah lebaran.

Antisipasi terhadap berbagai Gangguan Kesehatan Setelah Lebaran merupakan hal yang penting. Berbagai aktifitas saat itu akan membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Sehingga anda harus meningkatkan kewaspadaan dan tetap melakukan upaya pencegahan terhadap penyakit yang mengancam kesehatan.

Ringkasan:
  • Gangguan Kesehatan Setelah Lebaran akan meningkat dan menyebabkan banyaknya pasien di pusat pelayanan kesehatan,
  • Penyebab Penyakit saat lebaran adalah Kelelahan, Kambuhnya Penyakit lama dan lingkungan Rumah Tidak Sehat.

Post a Comment for "Mengatasi Gangguan Kesehatan Setelah Lebaran Berakhir"