Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tanda-Tanda Kehamilan Kembar dapat Diketahui sejak awal Kehamilan

Macam Kehamilan Kembar
Tanda-Tanda Kehamilan Kembar, untuk beberapa orang menjadi hal yang tidak diinginkan. Tentu dengan alas an repot untuk mengurus, biaya yang lebih banyak untuk perawatan anak kembar. Namun apabila saat ini anda hamil bayi kembar, tentu harus disyukuri sehingga tidak menimbulkan kecemasan dan kekhawatiran. Bayangan anda akan mempunyai anak yang sehat dan lucu-lucu, tidak hanya satu namun langsung dua sekaligus.

Apabila anda memang mengharapkan Kehamilan Kembar, atau karena ada keturunan kembar dalam keluarga Anda, hal tersebut tentu juga merupakan hal yang membahagiakan. Adapun tanda-tanda alami kehamilan kembar adalah sebagai berikut:
  1. Intuisi Ibu Hamil akan begitu kuat. Hal ini dikarenakan, mungkin anda membawa dua janin dalam tubuh. Beberapa ibu dari bayi kembar mengaku bahwa mereka telah berfirasat bahwa mereka mengandung dua janin di dalam kandungan.
  2. Ibu dengan Kehamilan Kembar biasanya akan mengalami morning sickness yang lebih parah dibandingkan kehamilan satu janin. Kadar hormon hCG (human Chorionic Gonadotropin) pada air kemih ibu dengan Kehamilan Kembar mungkin akan meningkat. Hormon ini diperlukan untuk menjaga kehamilan sampai plasenta berkembang. Hormon ini adalah hormone yang digunakan sebagai test pack untuk mengindikasi kehamilan. Dalam kehamilan tunggal, konsentrasi hCG meningkat cepat selama minggu pertama kehamilan, dan menjadi meningkat berlipat ganda di dua atau tiga hari. Kadar Hormon hCG akan lebih meningkat apabila terjadi kehamilan kembar, sehingga ibu hamil dobel akan mengalami morning sickness atau all day sickness lebih parah.
  3. Tanda-Tanda Kehamilan Kembar yang ketiga adalah memiliki gejala kehamilan yang lebih intens, disebabkan oleh hormon ekstra dari pengaruh dua janin yang bersirkulasi melalui sistem tubuh mereka. Gejala lebih Intens tersebut diantaranya payudara lebih besar, lebih sering kencing, lebih mudah lapar dan lebih  cepat lelah. Saat masuk usia kehamilan trimester kedua, Ibu dengan Kehamilan Ganda mungkin juga kesulitan bernafas, kaki dan tangan membengkak, penambahan berat badan dan pembesaran rahim yang tidak normal, dan gerakan janin yang lebih kuat. Resiko Gangguan kesehatan Ibu Hamil seperti anemia atau kekurangan zat besi biasa juga akan meningkat.
  4. Berat badan Ibu Hamil yang meningkat cepat pada trimester pertama, bisa menjadi indikasi anda membawa lebih dari satu janin di dalam kandungan.
  5. Ukuran perut lebih besar untuk usia kehamilan, pada kehamilan normal. Rahim yang menyimpan satu janin biasanya berukuran 38 x 40 cm tingginya, diukur dari tulang pubik. Sedangkan pada kehamilan kembar ukuran rahim bisa akan mencapai tinggi 48 cm. 
  6. Ketika menempelkan stetoskop di perut ibu hamil, dokter akan mampu mendengarkan dua detak jantung. Dua detak jantung Kehamilan kembar bisa diketahui pada usia kehamilan 12 minggu. Dan pada usia kehamilan 28 minggu, dokter sudah bisa mendeteksi adanya dua kepala janin dan beberapa bagian kecil, dengan menggunakan USG.
  7. Pemeriksaan yang paling mudah dan akurat mendekati 100% adalah dengan menggunakan pemeriksaan USG. Tanda Kehamilan Kembar sebenarnya sudah bisa dilakukan sejak awal kehamilan, dan akan semakin jelas saat usia kehamilan 5-6 minggu, atau ketika anda mengalami keterlambatan menstruasi selama satu minggu.

Ringkasan:
  • Tanda-Tanda Kehamilan Kembar sering menjadi kejutan tidak terduga dari calon orang tua,
  • Pemeriksaan paling mudah dan akurat Kehamilan Ganda adalah dengan menggunakan pemeriksaan USG.

Post a Comment for "Tanda-Tanda Kehamilan Kembar dapat Diketahui sejak awal Kehamilan"