Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sehat Kehamilan Kembar untuk anda


MEnjaga Kesehatan Kehamilan Kembar
Kehamilan Kembar tentu adalah hal yang istimewa untuk ibu hamil dan keluarga, apalagi apabila itu merupakan kehamilan untuk anak pertama. Maka bukan hanya akan mendapatkan satu anak, namun anda akan mendapatkan dua atau lebih anak yang tentu sangat lucu.

Keistimewaan bukan hanya masalah bayi anda ganda, namun perhatian intensif yang harus lebih diutamakan bagi ibu hamil dengan bayi kembar. Kehamilan kembar termasuk dalam kelompok kehamilan yang mempunyai resiko tinggi. Sehingga pemeriksaan lebih intensif harus dilakukan secara rutin.

Berbagai pengalaman merawat kehamilan kembar dan proses persalinan bayi kembar akan berjalan lancar, selama ibu hamil taat terhadap anjuran Bidan/Dokter yang menanganinya. Adapun pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul, dari keluarga yang akan memeliki bayi kembar adalah sebagai berikut:

Tanda-tanda ibu dengan kehamilan kembar?

Kehamilan kembar biasanya disebabkan karena faktor keturunan. Tanda Alami kehamilan kembar adalah, Ibu hamil merasakan pembesaran perut yang tidak sesuai dengan usia kehamilan, merasakan gerakan janin yang lebih banyak,  mual, muntah dan berat badan yang naik secara berlebihan. Namun yang paling efektif untuk mengetahui kehamilan kembar tentu saja dengan teknologi USG, pada usia kehamilan 4-5 minggu, kehamilan Ganda sudah bisa terlihat.

Yang harus dilakukan Ibu dengan kehamilan kembar?

Kehamilan kembar diperlukan pemeriksaan yang intensif dan teratur, dengan tujuan menghindari komplikasi. Perhatikan perubahan-perubahan fisik Ibu Hamil, tingkatkan asupan makanan bergizi terutama makanan yang mengandung asam folat dan zat besi, istirahat dan tidur yang cukup, melakukan relaksasi atau senam hamil sesuai petunjuk dokter atau bidan yang merawat anda.

Ibu dengan Kehamilan Kembar membutuhkan asupan zat besi dan asam folat lebih tinggi dari kehamilan tunggal. Hal ini bertujuan agar ibu hamil terhindar dari resiko anemia. Biasanya dokter akan memberikan suplemen zat besi, namun anda juga bisa mendapatkannya dengan cara alami, yaitu dengan cara: Konsumsi lebih banyak sayuran yang berwarna hijau tua seperti kangkung, bayam, daun singkong, atau sumber zat besi lain seperti kacang tanah, kuning telur, kurma,ikan laut, hati, ayam,daging dan, biji-bijian. Konsumsi juga makanan atau minuman yang mengandung vitamin C, sehingga zat besi lebih mudah diserap tubuh. Konsumsi supplement zat besi tidak boleh tidak boleh bersamaan dengan teh atau kopi, sehingga penyerapan dalam tubuh lebih sempurna.

Kehamilan kembar memicu persalinan prematur?

Kehamilan kembar memang meningkatkan resiko terjadinya persalinan preterm (persalinan sebelum cukup umur / prematur). Hal ini tidak perlu dicemaskan secara berlebihan, karena yang paling penting pada persalinan adalah memperhatikan kesehatan fisik dan persiapan psikologis. Apabila tidak ada komplikasi pendarahan, kehamilan kembar dua bisa mencapai usia usia 37, sedangkan pada kehamilan kembar 3 bisa dipertahankan sampai usia kehamilan 34 minggu atau lebih, tentu dengan pengawasan dokter secara intensif.

Resiko persalinan prematur pada kehamilan kembar dapat dicegah dengan memenuhi kebutuhan istirahat yang cukup  dan tidak terlalu lelah saat bekerja. Apabila terjadi kontraksi, namun usia kehamilan masih di bawah 32 minggu, maka perlu rawat inap, dan diperlukan obat-obat relaksasi mengurangi kontraksi rahim dan ibu harus bedrest total di rumah sakit.

Cara menjaga kesehatan mental Ibu dengan kehamilan kembar?

Agar kehamilan kembar berlangsung dengan bahagia, aman dan nyaman, ibu hamil harus menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan mental. Kumpulkan informasi positif mengenai kehamilan kembar. Pengalaman yang anda dapatkan akan menambah wawasan ibu hamil kembar serta dapat berbagi rasa. Apabila anda mempunyai kesempatan kelas senam ibu hamil maka manfaatkan kesempatan tersebut, untuk melakukan senam untuk Kehamilan kembar atau sekedar relaksasi.

Peran  suami, Istri Hamil Kembar?

Peran Suami sangat penting bagi ibu dengan kehamilan kembar, yaitu dengan memberi dukungan psikologi, memperhatikan pemenuhan makanan bergizi, memperhatikan  keadaan istri apabila membutuhkan konsultasi lebih lanjut kepada tenaga kesehatan, Mencatat nomor-nomor telpon penting yang berhubungan dengan persiapan keadaan darurat atau apabila akan melakukan persalinan (telepon rumah sakit, dokter / bidan dan anggota keluarga lain yang bisa diminta bantuan untuk keperluan darurat).

Ringkasan:
  • Kehamilan Kembar menjadi istimewa apabila kondisi kesehatan janin dan ibu sehat dan sempurna,
  • Kehamilan Ganda meningkatkan resiko persalinan Caesar dan prematur,
  • Peran suami sangat penting untuk mendukung dan menjaga kondisi Ibu dengan kehamilan Kembar.

Post a Comment for "Tips Sehat Kehamilan Kembar untuk anda"