Home » , , » Pantangan Makanan Ibu Hamil dibagi menjadi 3 Tingkatan

Pantangan Makanan Ibu Hamil dibagi menjadi 3 Tingkatan

Gambar Pantangan makanan Ibu Hamil
Pantangan makanan Ibu Hamil dibedakan menjadi makanan yang masih boleh dikonsumsi dalam jumlah terbatas (lampu Kuning), dan makanan yang sangat disarankan untuk tidak dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini tentu cukup mengganggu anda, yang suka berwisata kuliner, karena harus berhati-hati dalam memilih makanan, yang dapat berakibat buruk untuk buah hati di dalam kandungan. Adapun jenis Makanan Pantangan ibu Hamil adalah sebagai berikut:

Lampu merah Makanan Ibu Hamil

Salah satu Pantangan Makanan Ibu Hamil terutama usia muda adalah, makanan mentah atau setengah matang. Hal ini dikarenakan, untuk tercemarnya kuman penyakit, yang bisa menimbulkan infeksi. Adapun Bahan pangan yang harus dimasak hingga matang adalah telur, daging, kerang, sashimi, sushi, dressing untuk salad, mayonnaise segar dan produk olahan mentah lainnya.

Bakteri yang sering berada dalam makanan mentah atau setengah matang adalah:
  • Bakteri Listeria (bakteri yang mengakibatkan keguguran atau janin meninggal di dalam kandungan)
  • Bakteri Salmonella (Bakteri yang memicu keguguran),
  • Parasit Toksoplasma (Menyebabkan kondisi janin yang abnormal),
  • Serta bakteri E. Coli (Merusak usus dan ginjal ibu hamil).

Adapun sumber makanan yang sebaiknya dihindari adalah ikan hiu, sushi mentah, makanan laut yang diasapkan, dan semua jenis ikan yang berasal dari air laut atau sungai yang terpolusi. Semakin besar ukuran dan usia ikan yang semakin tua, maka akan semakin tinggi kadar polusi dalam tubuh. Makanan jenis lain yang dihindari adalah Susu mentah, makanan mengandung gula tinggi, keju lunak seperti keju Brie, Blue Cheese, Camembert, Roquefort dan Feta (kecuali pada label tertera dibuat dari susu yang telah dipasteurisasi).

Lampu Kuning Makanan Ibu Hamil

Asam lemak omega-3 Protein dan zat besi yang banyak terdapat dalam ikan laut mampu meningkatkan pertumbuhan otak bayi. Bahkan berdasarkan penelitian yang dilakukan di Inggris, kekurangan konsumsi makanan yang berasal dari laut saat hamil, mengakibatkan lemahnya kemampuan verbal, gangguan perilaku, dan pertumbuhan pada anak. Namun, ketika akan mengkonsumsi makanan laut, anda harus menghindari makanan laut yang mengandung logam merkuri yang berkadar tinggi. Logam merkuri yang anda konsumsi akan menghambat pertumbuhan sistem saraf Janin.

Contoh makanan laut yang masih boleh dikonsumsi adalah ikan salmon segar, udang, teri, dan kakap maksimal 340 g /  minggu, ikan tuna tidak boleh dikonsumsi lebih dari 170 g / minggu. Kafein yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamila tidak boleh lebih dari 300 mg per hari (sekitar 2-3 cangkir kopi). Yang perlu diperhatikan, sebenarnya kafein tidak hanya terdapat pada kopi yang biasanya anda minum, namun juga terdapat pada minuman bersoda, dan teh hitam.

Ringkasan:

  • Pantangan Makanan Ibu Hamil adalah jenis makanan yang dilarang atau dengan jumlah sangat terbatas untuk boleh dikonsumsi ibu hamil,
  • Beragam makanan mentah, ikan terpolusi dan susu mentah harus dihindari oleh ibu hamil demi kesehatan janin.



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger