Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Klamidia Menular Melalui Hubungan Suami Istri

Gambar Penyakit Klamidia Anak anakPenyakit Klamidia adalah penyakit menular seksual (PMS) yang paling sering terjadi pada masyarakat. Sebenarnya Penyakit menular ini  mudah diobati, namun apabila tidak segera ditangani akan menyebabkan Gangguan Kesehatan Reproduksi bahkan kesuburan. Setiap orang tentu ingin mempunyai keturunan, sehingga anda harus menghindari penyakit ini dan menghindari Seks Bebas.

Penyebab Klamidia

Penyakit Klamidia disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis yang berkembang biak di selaput lendir yang terdapat pada organ vital baik itu pria atau wanita. Bakteri ini akan akan memicu terjadinya peradangan saluran kencing, dubur bahkan bisa mencapai leher rahim. Gejala penyakit menular seksual ini bahkan tidak akan terlihat sampai bertahun-tahun, sehingga banyak orang tidak menyadari telah terinfeksi Klamidia.

Adapun Gejala Penyakit Klamidi pada wanita, adalah sebagai berikut:
  • Nyeri pada organ genital / perut saat buang air kecil atau saat berhubungan badan,
  • Debit cairan dari alat kelamin lebih dari biasanya,
  • Terjadi perdarahan tidak normal di antara dua periode menstruasi atau setelah berhubungan badan,

Apabila penyakit Klamidia pada wanita tidak segera diobati, maka bakteri akan menyebar ke rongga perut, sehingga menyebabkan Penyakit radang panggul dan  menimbulkan demam dan sakit perut. Komplikasi ini bisa diobati dengan antibiotik yang cepat dan tepat disertai tirah baring. Namun apabila tidak segera diobati, radang panggul menyebabkan luka di saluran tuba dan menyebabkan kemandulan atau kehamilan ektopik pada wanita.

Sedangkan Gejala Penyakit Klamidi pada pria adalah:

  • Setelah bangun tidur sering mengeluarkan cairan seperti susu dari uretra, dengan jumlah tidak terlalu banyak.
  • Merasakan sakit saat buang air kecil

Apabila Gejala Klamidia pada pria tidak segera diobati, maka bakteri mencapai vas deferens ke prostat dan epididimis pada pria. Gangguan ini mengakibatkan rasa sakit parah di skrotum, bahkan kadang menjalar ke pangkal paha. Tidak jarang buah zakar (testis) juga akan membengkak dan terasa nyeri, disertai dengan demam dan dapat mengganggu kesuburan pria.

Penularan Penyakit Klamidi

Bakteri Chlamydia trachomatis penyebab Klamidia dapan menular melalui satu orang ke orang lain saat berhubungan Suami-Istri. Penularan Klamidia akan semakin cepat, karena juga dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi kepada bayi saat proses persalinan. Bayi yang terinfeksi Chlamydia trachomatis akan mengalami peradangan paru (pneumonia) atau mata (konjunktivitis).

Agar terhindar dari Penyakit Menular Seksual ini, jangan berhubungan Suami-Istri dengan suami / istri yang sedang dalam pengobatan, atau gunakan kondom. Dan apabila anda seorang wanita yang terinfeksi penyakit klamidia saat hamil atau menyusui, segera konsultasikan kepada dokter, untuk diberikan antibiotik yang aman untuk bayi.

Ringkasan:
  • Penyakit Klamidia adalah salah satu penyakit menular seksual yang menyerang pria dan wanita,
  • Penyakit Klamidia diakibatkan bakteri Chlamydia trachomatis yang bisa menular saat hubungan badan,
  • Penyakit Klamidia bisa memicu terjadi kemandulan pada wanita.

Post a Comment for "Penyakit Klamidia Menular Melalui Hubungan Suami Istri"