Home » , , , » Tips Menurunkan Gula Darah untuk Pasien Diabetes

Tips Menurunkan Gula Darah untuk Pasien Diabetes


Tips Menurunkan Gula Darah
Menurunkan Gula Darah Pasien Diabetes memang sangat sulit dilakukan, kunci pola makan yang tepat sering diabaikan sehingga kadar gula darah terus meningkat. Pada orang normal, kadar gula dalam darah dapat diserap kembali oleh sel untuk diolah menjadi energi sebagai sumber gerak pada manusia. Sedangkan pada pasien diabetes, gula sederhana tetap berada di dalam aliran darah, dan menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Untuk itu, bagi pasien diabetes perlu menambahkan makanan berserat dalam menu diet harian.

Tanaman Herbal untuk Pasien Diabetes

Tanaman Herbal yang dipercaya mampu mengurangi kadar gula dalam darah secara alami sangat banyak. Adapun jenis tanaman-tanaman tersebut diantaranya adalah; pare, kunyit, ceremai, sambiloto,daun mangga, pegagan, ginseng, daun sirih merah, dan kulit pohon duwet. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan tanaman herbal untuk menurunkan kadar gula darah, adalah mengenai adanya kemungkinan terjadinya hipoglikemia. Penggunaan Tanaman herbal tersebut tentu untuk sementara, dan tidak baik apabila dikonsumsi terus menerus. Untuk tetap menjaga kadar gula darah yang terbaik tentu dengan mengatur pola makan.

Mengurangi Lemak Berlebih

Lemak berlebih akan mempengaruhi kepekaan sel terhadap zat insulin di dalam tubuh, sehingga kemudian menganggu fungsi insulin dalam menyerap gula darah. Hal ini akan berakibat naiknya kadar gula dalam darah secara drastis. Mengurangi Lemak berlebih untuk menurunkan gula darah yang terbaik, tentu saja dengan olahraga teratur. Membakar lemak juga bertujuan untuk menjaga berat badan dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.  Dalam hal ini, perlu diketahui.

Cara Mengolah Makanan untuk Penderita Diabetes

Pengolahan makanan yang dikonsumsi pasien diabetes akan mempengaruhi bagaimana menjaga kadar gula dalam darah. Sebagai contoh, untuk menanak nasi yang akan dikonsumsi penderita diabetes adalah dengan menggunakan panci biasa yang dipanaskan di atas kompor, tidak dengan mesin atau alat penanak nasi elektrik. Hal ini bertujuan untuk menjaga terurainya karbohidrat kompleks menjadi karbohidrat sederhana, dan memicu naiknya kadar gula dalam darah.

Memasak sayur untuk penderita diabetes, sebaiknya tidak terlalu lama. Hal ini bertujuan agar kandungan karbohidrat kompleks dan nutrisi di dalam sayur tidak rusak. Penderita Diabetes, sebaiknya juga mengurangi makanan yang digoreng. Sebagai pengganti, anda bisa menumis, memanggang atau menggunakan teknik vacuum frying dengan alat masak tertentu.

Ringkasan:
  • Diabetes adalah penyakit, dimana seseorang tidak mampu mengontrol kadar gula darah dalam darah,
  • Tips Menurunkan Gula Darah bisa dilakukan dengan; Tanaman Herbal, Mengurangi Lemak, dan pengolahan makanan yang tepat.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger