Home » , , , » Gizi Ibu Hamil Yang Dibutuhkan Untuk Pertumbuhan Janin

Gizi Ibu Hamil Yang Dibutuhkan Untuk Pertumbuhan Janin

Gizi Ibu Hamil harus terpenuhi secara seimbang, agar pertumbuhan janin di dalam kandungan lebih maksimal. Gizi atau nutrisi untuk ibu hamil sama saja dengan pengaturan gizi mengenai pola makan yang sehat. Namun tentu harus lebih hati-hati dalam memilih makanan, jangan sampai terkontaminasi dengan zat-zat yang membahayakan kehamilan.

Semakin bertambah usia kehamilan maka akan bertambah pula kebutuhan gizi dan nutrisi ibu hamil, terutama ketika usia kehamilan memasuki trimester kedua. Pada usia ini, janin tumbuh lebih cepat, terutama pertumbuhan otak berikut susunan syaraf. Kenaikan berat badan ideal, antara sebelum hamil dan mendekati persalinan adalah sekitar 12-15 kilogram.

Untuk memaksimalkan perkembangan janin, ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan mengandung gizi sebagai berikut:
  • Kalori, yang dibutuhkan ibu hamil antara 300-400 kkal perharinya dan didapatkan dari sumber makanan yang bervariasi. Sebagai contoh; 55% kalori di peroleh dari umbi-umbian dan nasi sebagi sumber karbohidrat, sedangkan 35% didapatkan dari lemak nabati maupun hewani sebanyak, dan 10% dari protein dan sayuran serta buahan.
  • Asam Folat, pada janin dibutuhkan untuk membangun sel dan sistem syaraf. Saat trimester pertama janin akan membutuhkan 400 mikrogram asam folat per hari. Dan apabila tidak terpenuhi, akan membuat perkembangan janin tidak sempurna(anenchephaly (tanpa batok kepala), bibir sumbing dan menderita spina bifda / kondisi dimana tulang belakang tidak tersambung. Kandungan Asam folat bisa diperoleh dari buah-buahan, beras merah dan beragam sayuran hijau.
  • Protein, pada ibu hamil berfungsi untuk sumber kalori dan zat pembangun, pembentukan darah dan sel. Ibu hamil membutuhkan sekitar 60 gram setiap harinya atau 10 gram lebih banyak dari kondisi sebelum hamil. Zat protein dapat diperoleh dari tempe, tahu, kacang-kacangan, putih telur dan daging.
  • Kalsium, Berfungsi untuk pembentukan gigi dan tulang janin di dalam kandungan dan mencegah osteoporosis pada ibu hamil. Sumber Zat kalsium diantaranya adalah Susu dan produk olahan susu lainnya.
  • Zat Besi, pada ibu hamil berfungsi untuk membentuk sel darah merah (hemoglobin) dan mengurangi resiko anemia pada ibu hamil. Zat besi yang dibutuhkan ibu hamil setelah usia kehamilan 20 minggu sebanyak 30 mg per harinya, dan dapat diperoleh pada hati, ikan atau daging.
  • Vitamin A, C dan D. Vitamin A berfungsi untuk memaksimalkan pertumbuhan, imunitas memelihara fungsi mata, pertumbuhan tulang, kulit. Vitamin C berguna untuk menyerap zat besi, kesehatan gusi dan gigi, melindungi jaringan dari organ tubuh dari berbagai kerusakan dan  memberikan otak berupa sinyal kimia, hal terjadi karena vitamin C banyak mengandung antioksidan.

Gizi Ibuhamil yang telah terpenuhi tidak akan menimbulkan gejala ringan seperti anemia, gusi berdarah dan gejala tidak enak badan yang lainnya. Aspek lebih penting untuk mengetahui kecukupan gizi dan nutrisi ibu hamil, adalah dengan mengetahui perkembangan berat badan selama kehamilan saat melakukan pemeriksaan secara rutin.

Ringkasan:
  • Gizi Ibu Hamil harus terpenuhi secara seimbang dari beragam sumber makanan dan disesuaikan berdasarkan  usia kehamilan,
  • Nutrisi Ibu Hamil Utama yang dibutuhkan seperti Kalori, Asam Folat, Protein, Kalsium, Zat Besi, Vitamin A, C dan D



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger