Home » , , , » Makanan Super untuk Kesehatan Ibu Hamil

Makanan Super untuk Kesehatan Ibu Hamil

Makanan Super Ibu Hamil
Ibu hamil membutuhkan asupan makanan yang lebih dibandingkan dengan sebelum hamil. Lebih disini tentu diartikan, lebih dalam hal porsi dan nutrisinya. Hal ini tentu bertujuan agar nutrisi janin dan ibunya tetap terpenuhi. Banyak sekali makanan yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil, namun dalam artikel ini kami memberikan penjelasan beberapa makanan super untuk kesehatan Ibu Hamil, yang diantaranya adalah:

Kurma

Kurma matang banyak mengandung kalsium dan zat besi sehingga sangat dianjurkan untuk wanita hamil dan yang akan melahirkan. Berdasarkan penelitian terbaru, diketahui bahwa buah kurma  memiliki pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah kontraksi jantung ketika darah dipompa ke seluruh tubuh.

Kandungan zat besi dan kalsium yang terdapat pada buah kurma matang, juga akan membantu pembentukan air susu ibu, san menggantikan tenaga ibu yang terkuras saat persalinan atau menyusui. Kedua zat tersebut, juga efektif membantu pertumbuhan darah dan tulang sumsum bayi sekaligus mencegah anemia pada ibu hamil.

Madu

Madu menandung hormon, enzim asam amino dan beberapa vitamin (vitamin A, C, D, E,  B16, vitamin B Kompleks), betakaroten, riboflavin, thiamin asam pantotenat, mineral, kalium, kalsium, magnesium, tembaga, mangan, natrium dan fosfor. Semua nutrisi dan Vitamin tersebut sangat diperlukan untuk aktivitas sel dan proses biokimiawi tubuh ibu hamil.

Adapun dosis mengkonsumsi madu untuk ibu hamil adalah, 100-200 mg perhari dengan diminum 2 kali sehari. Madu sebaiknya diminum 1,5 sampai 2 jam sebelum makan atau 3 jam setelah makan. Meminum madu untuk ibu hamil, bisa juga dengan tambahan air agar lebih mudah dicerna dan mencapai peredaran darah dan sel tubuh.

Konsumsi madu tidak boleh berlebihan, karena kandungan madu adalah gula (fruktosa, glukosa), sehingga apabila berlebihan dapat menyebabkan darah ibu hamil kelebihan kadar gula. Hal iini akan memperberat kerja hormone insulin dan mengakibatkan janin besar.

Susu Ibu Hamil

Susu merupakan sumber protein, lemak, karbohidrat dan vitamin yang baik untuk ibu hamil. Namun memang tidak semua ibu hamil merasa nyaman untuk minum susu hamil. Beberapa ibu akan merasakan mual bahkan timbul diare, terutama pada awal kehamilan. Sebagai solusi anda bisa mencoba merek susu hamil yang lain, sehingga ditemukan yang cocok untuk anda.

Pada dasarnya semua susu boleh dikonsumsi oleh ibu hamil (susu matang). Selain itu, bentuk olahan susu (mentega, keju dan eskrim) juga boleh sebagai variasi mengkonsumsi susu.

Ringkasan:
  • Ibu Hamil harus memenuhi nutrisi untuk dua orang, yaitu untuk dirinya sendiri dan janin di dalam kandungan.
  • Makanan Super untuk Ibu Hamil adalah kurma, madu dan susu ibu hamil.



Related Posts :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger