Home » , , , » Pertumbuhan Janin Trimester Ketiga dan Persiapan Persalinan

Pertumbuhan Janin Trimester Ketiga dan Persiapan Persalinan


Pertumbuhan Janin Trimester Ketiga adalah masa-masa, dimana anda harus mulai mempersiapkan mental, fisik dan materi untuk menyambut kelahiran buah hati. Tahap trimester (7-9 bulan), merupakan bagian akhir dari proses kehamilan dan dilanjutkan dengan proses kelahiran, pertumbuhan anak-anak, menjadi dewasa dan akhir kehidupan / kematian. Adapun perkembangan janin dan kondisi ibu hamil pada trimester ketiga adalah sebagai berikut:

Pertumbuhan Janin pada Usia Kehamilan 7 Bulan

Pasa usia kehamilan tujuh bulan, dinding rahim akan mulai melunak sebagai persiapan menanam blastosit, dan terjadi penebalan lendir mulut rahim. Hal tersebut menghasilkan sumbatan dalam saluran mulut rahim, namun akan terbuka apabila janin di dalam kandungan mengalami kontraksi dan siap untuk dilahirkan.

Pada Usia ini, Tubuh, kaki dan wajah Janin terbentuk mendekati sempurna, terjadi juga pembentukan saluran pencernaan dan usus depan, tulang ekor, dan perkembangan paru-paru pada janin. Perubahan lainnya yang lebih nyata adalah terbentuknya bakal wajah, pigmentasi iris mata dan lubang mulut. Bakal kaki dan bakal lengan juga sudah dapat terlihat jelas meskipun belum bisa dibedakan antar jari-jari tangan janin.

Pertumbuhan Janin pada Usia Kehamilan 8 Bulan

Pembesaran rahim terjadi pada usia kehamilan delapan bulan, dan mengakibatkan tubuh wanita semakin melar terutama pada bagian pinggang sehingga baju yang biasa digunakan tidak akan muat lagi.

Pertumbuhan Janin pada usia ini, ditandai dengan terbentuknya bakal telinga luar, bakal jari kaki dan tangan (ditandai dengan pembengkokan pada bagian siku dan pergelangan tangan), bakal mata dan usus halus. Penyempurnaan bentuk wajah, juga terjadi pada usia ini, yaitu dengan terbentuknya ujung hidung dan bibir atas, sedangkan bakal kelopak mata dan mata telah terbentuk namun posisinya masih berjauhan.

Usus halus mulai terbentuk dengan panjang melebihi rongga perut. Hal ini mengakibatkan perut janin tidak bisa menampung panjang usus halus yang terburai. Kondisi ini bisa dilihat melalui USG, dimana terlihat bentuk tonjolan menuju tali pusat janin.

Pertumbuhan Janin pada Usia Kehamilan 9 Bulan

Anggota-anggota tubuh janin pada usia kehamilan Sembilan bulan telah lengkap, namun dengan fungsi yang belum sempurna. Secara umum, janin telah berkembang mendekati bentuk bayi yang sempurna dengan kondisi fisik kepala lebih besar daripada tubuh.

Pada usia kehamilan ini, sebaiknya aktifitas ibu hamil menguras tenaga sebaiknya dihentikan dan perhatian difokuskan kproses persalinan. Asupan makanan bergizi untuk ibu hamil harus tetap diberikan, agar ibu tetap sehat dan bayi lahir dengan selamat. Lama masa kehamilan yang normal adalah 9 bulan 10 hari. Namun memang hanya 5 % ibu hamil yang melahirkan, sesuai dengan Hari Perkiraan Lahir yang dihitung oleh dokter. Bisa mundur atau maju hingga 2-3 minggu.

Persiapan Proses Persalinan

Fase akhir kehamilan, ditandai dengan puncak produksi hormon kehamilan atau HCG. Hal ini ditandai dengan kulit wajah lebih halus dan lebih kencang, produksi cairan vagina seringkali berubah-ubah, rambut menjadi lebih kering atau bahkan rontok, payudara lebih kencang dan nyeri, muncul jerawat dan mempunyai tingkat emosional yang tinggi.

Rangkuman Pertumbuhan Janin Trimester Ketiga sampai menjelang proses persalinan tersebut diatas semoga memberikan manfaat bagi anda. Persiapan mental dan fisik menjelang persalinan harus maksimal. Hal tersebut termasuk mempersiapkan Perlengkapan yang akan dibawa saat proses persalinan, baik itu di bidan atau Rumah sakit. Jangan sampai ada hal kecil yang mengganggu konsentrasi ibu hamil saat proses persalinan.

Ringkasan:
  • Pertumbuhan Janin Trimester Ketiga adalah fase penyempurnaan organ-organ janin berserta fungsinya,
  • Persiapan Fisik dan Mental calon orang tua jarus dimaksimalkan, untuk mendukung kelancaran proses persalinan.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger