Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Persalinan Bayi Kembar Menjadi Lebih Istimewa

Gambar Persalinan Bayi Kembar
Persalinan Bayi Kembar memang membutuhkan persiapan fisik, mental dan materi yang lebih apabila dibandingkan dengan persalinan satu janin. Tubuh ibu dengan kehamilan kembar, memicu rasa tidak nyaman karena kenaikan berat badan jauh lebih cepat. Rasa nyeri pada perut, sakit punggung, sesak napas, sering kencing, , dan sembelit, memang sering terjadi pada ibu hamil. Namun ibu yang akan melahirkan bayi kembar, penambahan beban pada paru-paru, jantung, dan ginjal mengakibatkan tubuhnya akan lebih cepat lelah.

Resiko persalinan kembar lebih tinggi dibandingkan dengan kelahiran bayi tunggal. Persiapan fisik dan memperhatikan petunjuk dokter atau bidan yang membantu persalinan, akan mengurangi rasa lelah saat melahirkan bayi kembar. Sehingga persalinan lebih lancar tanpa harus melalui operasi caesar.

Bagi anda yang saat ini sedang kehamilan ganda, dibawah ini kami rangkum, beberapa Tips Persalinan Bayi Kembar secara normal untuk anda:
  • Nutrisi kedua janin didalam kandungan harus terpenuhi, sehingga pertumbuhan kedua janin optimal dengan berat badan lahir yang cukup. Untuk itu, menu makanan harus lebih banyak 1,5 kali lebih banyak makanan dibandingkan ibu dengan hamil tunggal.
  • Untuk mencegah dehidrasi, perbanyak minum air putih minimal 2 liter per hari.
  • Konsumsi suplemen penambah darah yang diberikan dokter, sehingga anda terhindar dari mencegah anemia dan penambah nutrisi untuk kedua janin.
  • Istirahat yang cukup dengan sering berbaring, agar aliran darah ke plasenta meningkat dan pertumbuhan janin lebih cepat.
  • Pilih dokter atau bidan yang mampu memberikan motivasi dan semangat. Dan kukan pemeriksaan secara teratur, sehingga rasa tenang bisa anda dapatkan sampai proses persalinan. Hal ini juga bertujuan untuk menurunkan resiko atau komplikasi yang biasanya terjadi pada usia premature sekitar 36-38 minggu.
  • Siapkan dana dua kali lipat untuk perawatan setelah melahirkan. Mempersiapkan diri secara financial dapat mengurangi stres yang mungkin terjadi pada ibu yang akan melahirkan bayi kembar.
  • Menjaga kondisi fisik dan mental juga bisa dilakukan dengan yoga. Adapun gerakan yoga untuk ibu hamil kembar, adalah gerakan yang mampu meningkatkan pengolahan pernapasan dan kekuatan mental.
  • Mengurus bayi kembar memang tugas berat dan membutuhkan perencanaan mulai dari suami dan anggota keluarga yang lain.
Persalinan Bayi Kembar memang pengalaman yang luar biasa dan istimewa, karena tidak semua wanita bisa mengalami kesempatan seperti anda. Tetap bersukur kepada tuhan akan meningkatkan ketenangan mental anda. Setelah proses persalinan selesai, letakan kedua bayi di tempat yang tidur yang sama. Hal ini mampu meningkatkan keakraban dan menghindari salah satu bayi mendapatkan ASI lebih banyak karena terbangun di waktu yang berbeda, terutama ketika tergun pada malam hari.

Ringkasan:
  • Persalinan Bayi Kembar membutuhkan persiapan fisik, mental dan materi yang berlipat dibandingkan persalinan bayi tunggal,
  • Setelah dilahirkan, sebaiknya kedua bayi kembar ditempatkan pada satu tempat tidur.

Post a Comment for "Tips Persalinan Bayi Kembar Menjadi Lebih Istimewa"