Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bahaya Air Putih Apabila Terlalu Banyak

Cairan di dalam Tubuh manusia harus cukup, sehingga dapat membantu kerja dari sel-sel, organ dan jaringan di dalam tubuhnya. Dan untuk memenuhi cairan di dalam tubuh tersebut, sebaiknya anda mengkonsumsi 8 gelas air dalam satu hari dan yang terbaik adalah air putih. Hal ini tentu bertujuan agar kerja organ tubuh lebih maksimal dan kesehatan tubuh anda tetap terjaga.

Banyak sekali artikel Tips Kesehatan yang membahas manfaat super dari air putih. Namun yang perlu anda ketahui dari artikel ini, tentu apabila terlalu banyak mengkonsumsi air putih, bisa saja berakibat tidak baik dan bahkan akan mengganggu kesehatan tubuh anda. Apa saja Bahaya minum air putih apabila berlebihan, adalah sebagai berikut:
  • Jika tubuh kita menerima asupan cairan yang berlebihan akan menganggu kadar kekentalan darah dalam tubuh anda.
  • Apabila kadar kekentalan darah terganggu, akan mengganggu sistem peredaran dalam tubuh. Salah satu gangguan kesehatan akibat terganggunya kekentalan darah didalam tubuh adalah, menurunkan sodium yang menyebabkan pembengkakan sel dalam tubuh.
  • Resiko terburuk pembengkakan adalah seseorang akan mengalami pingsan, kejang-kejang dan bahkan menyebabkan ketidaksadaran dalam waktu lama (koma), bahkan kematian.
  • Mengonsumsi air putih berlebih akan meningkatkan total volume darah yang akan menutup sistem pembuluh dan membuat kerja jantung dan pembuluh darah meningkat.
  • Cairan yang berlebih pada tubuh juga akan meningkatkan beban kinerja ginjal. Hal ini akan merusak glomerulus (organ ginjal yang berfungsi menyaring cairan), sehinga kinerja ginjal akan terganggu. Menurut Exercise Associated Hyponatraemia (EAH), diperkirakan ada sekitar 1600 kasus kematian di seluruh dunia yang disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi air putih.
Memang konsumsi cairan dalam tubuh adalah sekitar 8 gelas / 2 liter perhari. Namun tentu bukan berarti didapatkan dari air minum saja. Karena sebenarnya konsumsi buah, makanan berkuah juga membantu memenuhi cairan dalam tubuh. Yang menjadi indikasi mudah, tercukupinya cairan dalam tubuh adalah warna air seni anda bening dan tidak terlalu berbau. Semoga Tips Kesehatan konsumsi air putih ini berguna bagi para pembaca, dan sebarkan apabila menurut anda berguna untuk rekan-rekan disekitar anda.

Ringkasan:
  • Organ, sel-sel, dan jaringan di dalam tubuh dapat bekerja secara maksimal apabila cairan dalam tubuh terpenuhi,
  • Kebutuhan Cairan dalam tubuh adalah sekitar 2 liter per hari dan di dapatkan dari minuman, dan makanan yang dikonsumsi,
  • Bahaya Air Putih apabila dikonsumsi berlebih adalah terganggunya sistem peredaran darah, fungsi jangung dan ginjal.

Post a Comment for "Bahaya Air Putih Apabila Terlalu Banyak"