Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenaikan Berat Badan Selama Kehamilan

Gambar Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil
Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil yang satu dengan yang lain akan berbeda. Hal ini karena dipengaruhi oleh faktor tinggi dan berat badan sebelum hamil, ukuran bayi dan plasenta, serta kualitas makan atau minum selama kehamilan. Secara umum, kenaikan Berat Badan tersebut disebabkan oleh: Berat Bayi (3 - 3,5 kg), plasenta (0,5 kg), rahim (1 kg), air ketuban (1 kg), pembesaran payudara (0,5  -  1 kg), lemak tubuh (3 kg) dan peningkatan volume darah (1 kg).

Apabila dahulu sebelum hamil, ibu mempunyai berat badan yang kurang ideal dari BMI (Body Mass Index). Maka dianjurkan kenaikan berat badan selama kehamilan adalah 14 – 20 kg. Apabila berat badan normal, maka kenaikan yang dianjurkan 12,5 – 17,5 kg. Sedangkan apabila berat badan sebelum hamil sudah berlebih, kenaikan yang disarankan hanya sekitar 7,5 – 12,5 kg.

Perhitungan Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil

Untuk menghitung Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil yang ideal, adalah dengan mengetahui terlebih dahulu BMI-nya, dengan rumus:
BMI= Berat Badan Sebelum Hamil (kg) : (Tinggi Badan (m) X Tinggi Badan (m))

Sebagai contoh apabila berat badan sebelum hamil anda adalah 51 kg, tinggi badan 1,62 m, maka BMI-nya adalah:

BMI = 52 : (1,62X1,62) = 51 : 2,62 = 19,47

Nilai BMI
Kategori Berat Badan
Total Peningkatan BB yang diharapkan pada Ibu Hamil
> 30
Kegemukan
6 – 9 kg
25 – 29,9
Berlebihan
6 – 11 kg
18,5 – 24,9
Ideal
11 – 15 kg
< 18,5
Kurang
12 – 18 kg

Dari tabel diatas, maka dapat disimpulkan bahwa apabila anda memiliki Nilai BMI 19,45 yang masuk dalam kategori BMI 18,5 – 24,9. Sehingga  peningkatan berat badan yang ideal selama hamil berkisar antara 11 – 15 kg, atau mencapai berat badan 51 + 11 = 62 kg sampai dengan 51 + 15 = 66 kg.

Jika berat badan ketika akhir usia kehamilan menjadi 68 kg, maka anda termasuk kelebihan berat badan. Sebaliknya jika berat badan di akhir kehamilan hanya 59 kg, maka janin yang anda kandung kemungkinan termasuk kecil atau ada indikasi kekurangan gizi.

Tips Mencapai Kenaikan Berat Badan Ideal Saat Hamil

Apabila anda kelebihan berat badan sebelum hamil, bukan berarti anda harus mengatur pola makan secara ketat. Hal ini dikarenakan akan membahayakan mempengaruhi asupan gizi yang diperlukan bayi. Begitu juga apabila berat badan sebelum hamil kurang, tidak berarti harus makan sebanyak-banyaknya.

Kunci utama  mencapai Kenaikan Berat Badan Ideal Selama Hamil adalah mengatur pola makan dengan cara yang tepat, sehingga didapatkan asupan zat gizi yang sesuai dengan kebutuhan ibu hamil dan bayi di dalam kandungan.

Ringkasan:
  • Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil yang Ideal dipengaruhi oleh nilai BMI (Body Mass Index) sebelum hamil,
  • Peningkatan Berat Badan Ibu Hamil yang Ideal adalah 11 – 15 kg,
  • Kunci utama mencapai Kenaikan Berat Badan ibu hamil adalah mengatur pola makan yang seimbang.

Post a Comment for "Kenaikan Berat Badan Selama Kehamilan"