Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Penyebab Kehamilan Kembar

Gambar Penyebab Kehamilan Kembar
Penyebab Kehamilan Kembar tentu menjadi teka-teki tersendiri bagi sebagaian orang, dan tertelan oleh kebahagiaan atau kegelisahan, disaat dokter atau bidan yang melakukan pemeriksaan, memberitahukan apabila didalam kandungan anda terdapat lebih dari satu fetus/janin. Kehamilan ganda (multifetus) adalah ibu hamil dengan dua janin atau lebih.
 
Adapun berdasarkan jumlahnya, Kehamilan Ganda dibedakan dengan istilah: kembar dua kembar (twoplet), Kembar tiga (triplet), kembar empat (quadruplet), kembar lima (quintriplet), dan kembar enam (sextuplet). Adapun beberapa faktor yang memicu terjadinya Kehamilan Kembar adalah sebagai berikut:

  • Bangsa: Terjadinya kehamilan ganda beberapa bangsa cenderung lebih tinggi, terutama pada bangsa dengan wanita berkulit hitam.
  • Umur: Semakin tinggi umur wanita, maka akan semakin mengalami kehamilan ganda. Resiko kehamilan ganda akan menurun, setelah wanita berumur 40 tahun.
  • Paritas ibu: Paritas adalah frekuensi seorang wanita melahirkan. Semakin tinggi frekuensi melahirkan maka seorang wanita akan semakin tinggi mendapatkan kehamilan kembar.
  • Obat-obatan perangsang ovulasi (protertil, clomid dan harmon gonadotropin) dapat memicu terjadinya kehamilan kembar dizigotik (kehamilan dua janin berasal dari dua telur) bahkan kembar lebih dari dua janin.
  • Faktor keturunan bayi kembar akan lebih tinggi terjadi pada ibu yang kembar dibandingkan oleh ayah yang kembar.
  • Faktor-faktor lain Penyebab Kehamilan Kembar, seperti fertilisasi invitro (pembuahan yang di tanam langsung dalam rahim). Cara pembuahan ini bahkan dapat menghasilkan anak sampai kembar tiga.
Pertumbuhan Janin Kembar

Pertumbuhan janin pada Kehamilan Kembar dan tunggal sering menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan, terutama masalah perbedaan berat badan. Satu janin pada Kehamilan Kembar biasanya lebih ringan 1000 gram dibandingkan dengan janin dari kehamilan tunggal. Berat badan bayi kembar tiga yang baru lahir biasanya kurang dari 2500 gram, sedangkan berat badan janin kembar lima, masing-masing mempunyai berat badan dibawah 1000 gram. Berat badan masing-masin janin dari kehamilan kembar juga tidak sama (umumnya berbeda antara 50 sampai 1000 gram). Hal ini disebabkan karena perbedaan pembagian sirkulasi darah, dari Ibu Hamil terhadap masing-masing janin.

Pertumbuhan Janin pada kehamilan ganda monozigotik (dua janin berasal dari satu telur), biasanya akan mengalami pembuluh darah janin yang satu mempunyai suatu penghubung dengan pembuluh darah janin yang lain. Hal ini akan meningkatkan resiko terganggunya pertumbuhan kedua janin. Bahkan satu kemungkinan terburuk, satu janin meninggal didalam rahim bisa terjadi. Janin Kembar yang meninggal pada usia kehamilan muda dapat diresorbsi, namun pada usia kehamilan yang tua, janin akan menjadi pipih (fetus kompresus) menjadi tipis seperti kertas. Hal ini dikarenakan hilangnya cairan dan sebagian jaringan lunak dari janin, kecuali bagian kulit janin yang sudah terbentuk atau biasa disebut fetus papiraseus.

Ringkasan:

  • Penyebab Kehamilan Kembar bisa dibedakan berdasarkan; bangsa, Umur, Paritas, Obat-obatan, Faktor keturunan dan fertilisasi invitro,
  • Pertumbuhan Janin Kembar biasanya akan berbeda, karena perbedaan sirkulasi darah dari Ibu,
  • Resiko kematian pada satu janin, Kehamilan ganda monozigotik lebih tinggi dibandingkan jenis kehamilan yang lain.

Post a Comment for "Faktor Penyebab Kehamilan Kembar"