Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Posisi Duduk Ibu Hamil yang Berbahaya

Posisi Duduk Ibu Hamil yang Berbahaya
Posisi Duduk untuk Ibu Hamil harus dijaga agar tepat, sehingga tidak memberikan efek buruk baik itu untuk Ibu Hamil sendiri atau Janin di dalam kandungan. Memang ternyata tidak hanya masalah makanan untuk itu Hamil, posisi tidur untuk itu Hamil dan cara berjalan untuk untuk itu Hamil yang harus diperhatikan, namun posisi duduk menjadi hal sepele yang harus diperhatikan.


Adapun posisi duduk yang tidak baik pada ibu hamil akan menyebabkan rasa lelah, kaki bengkak, Nyeri Punggung, bahkan membahayakan kesehatan janin di dalam kandungan. Adapun lima kesalahan posisi duduk yang sering dilakukan ibu hamil, adalah sebagai berikut:

Posisi Duduk membungkuk



Kebanyakan ibu hamil akan cenderung duduk dengan posisi membungkuk saat bersantai. Namun perlu anda ketahui, bahwa Posisi ini berbahaya bagi wanita hamil karena punggung menjadi tidak lurus. Sumsum tulang belakang Ibu Hamil sudah cukup berat menopang Kenaikan Berat Badan, dan posisi duduk membungkuk akan memperburuk kondisi sumsum tulang belakangnya.



Posisi Duduk dengan kaki bergantung


Posisi ini diketahui akan meningkatkan aliran darah ke kaki. Dan permasalahan paling umum yang dikeluhkan oleh ibu hamil, adalah mengalami pembengkakan kaki. Adanya peningkatan aliran darah ke kaki diketahui akan semakin membuat kaki ibu hamil bengkak.


Posisi Duduk Tanpa Sandaran

Duduk tanpa bersandar bagi ibu hamil, diketahui akan membuat ketegangan di tulang punggung semakin parah, sehingga menyebabkan rasa nyeri pada punggung. Usahakan untuk selalu duduk dengan bersandar, dengan posisi punggung lurus, agar Nyeri punggung tidak anda rasakan.



Posisi Duduk dengan tubuh mendongak ke depan



Posisi duduk ini sangat berbahaya untuk janin karena menempatkan tekanan pada janin di dalam kandungan. Apabila dilakukan terlalu lama, posisi ini akan membuat rasa tidak nyaman dan berbahaya bagi janin. Hal ini akan lebih berbahaya, saat usia kehamilan sudah semakin mendekati persalinan, karena tulang rusuk dapat menekan tubuh bayi dan meninggalkan bekas permanen pada tubuhnya.


Posisi setengah duduk


Ibu Hamil juga seringkali duduk dengan posisi setengah (hampir tertidur) khususnya saat berada di tempat tidur. Posisi duduk ini menempatkan banyak tekanan pada sumsum tulang belakang, sehingga apabila dilakukan dalam waktu cukup lama akan menyebabkan nyeri punggung.

Untuk Posisi Duduk Ibu Hamil yang Baik dan Sehat bisa anda simak pada artikel Posisi Duduk Ibu Hamil

Ringkasan:
  • Posisi duduk yang salah pada ibu hamil akan menyebabkan rasa kaki bengkak, lelah, nyeri punggung bahkan membahayakan janin didalam kandungan,
  • Posisi Duduk Ibu Hamil yang Berbahaya adalah, membungkuk, kaki bergantung, Tanpa Sandaran, tubuh mendongak ke depan dan posisi setengah duduk.

Post a Comment for "Posisi Duduk Ibu Hamil yang Berbahaya"