Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Posisi Duduk Ibu Hamil yang Benar

Tips Posisi Duduk Ibu Hamil
Posisi Duduk Ibu Hamil yang benar akan mengatasi beragam permasalahan yang disebabkan Posisi Duduk yang salah untuk Ibu Hamil. Bagi wanita karier yang lebih sering beraktifitas dengan duduk, posisi duduk saat hamil harus lebih diperhatikan. Hal tersebut tentu bertujuan agar terhindar dari efek buruk untuk ibu hamil atau janin di dalam kandungan. 


Posisi Duduk Ibu Hamil bisa membawa dampak yang besar terhadap kehamilan. Karena apabila tidak tepat, maka bisa menimbulkan sakit punggung atau nyeri perut bagian bawah, bahkan berpengaruh buruk terhadap janin di dalam kandungan. Adapun beberapa tips posisi duduk untuk ibu hamil yang tepat dan nyaman, adalah sebagai berikut.

  • Posisi duduk untuk ibu hamil yang terbaik adalah, punggung lurus dengan bahu tertarik ke arah belakang. Hal ini bertujuan, untuk menghindari nyeri punggung yang disebabkan karena peningkatan berat badan dan mempengaruhi ligamen dan otot.
  • Bersandar pada kursi atau sofa adalah salah satu posisi duduk untuk ibu hamil, dengan tujuan membantu ibu hamil menghindari sakit pada punggung. Sandarkan seluruh bagian belakang pantat dan bahu pada bagian belakang sofa, hingga terasa rileks dan lebih nyaman.
  • Menyeimbangkan berat badan ketika sedang duduk, bisa dilakukan untuk menghindari rasa nyeri pada kaki karena kenaikan berat badan Ibu Hamil. Penyeimbangan berat badan dengan kedua kaki, juga harus dilakukan pada saat berdiri. Dan ketika duduk, bagilah porsi tubuh pada kedua pinggul.
  • Mengubah posisi duduk sebelum 30 menit perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelancaran aliran darah di dalam tubuh dan menghindari rasa nyeri pada punggung.
  • Bagi Wanita karier yang harus duduk selama berjam-jam di depan meja kantor, harus mengusahakan lebih sering meregangkan kaki setiap jam dengan berjalan-jalan kecil di sekitar meja kantor.
Dengan Posisi Duduk yang benar, ibu hamil tidak perlu lagi takut terhadap rasa nyeri punggung atau kaki, serta kondisi bengkak pada kaki. Bengkak pada kaki, hampir selalu dialami oleh ibu hamil karena peredaran darah di kaki tidak lancar.

Ringkasan:
  • Posisi Duduk Ibu Hamil yang Benar akan menghindarkan nyeri punggung dan kaki, serta bengkak pada kaki,
  • Posisi Duduk dengan punggung lurus, bersandar, menyeimbangkan tubuh, tidak monoton, dan tidak lama harus dilakukan oleh ibu hamil.

Post a Comment for "Tips Posisi Duduk Ibu Hamil yang Benar"