Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab ASI Tidak Keluar Pasca Persalinan


Masalah saat Inisiasi Menyusui Dini
ASI Tidak Keluar Pasca Persalinan tentu cukup merugikan, terutama untuk Bayi karena tidak bisa melakukan Inisiasi Dini Menyusui. Menyusui secara langsung tentu menjadi harapan bagi sebagian besar wanita, dan ASI tidak keluar sesaat setelah melahirkan memang menjadi permasalahan umum. Dan untuk mengatasi hal tersebut, ibu harus memancing (membersihkan puting, melakukan pemijatan, serta sering-sering mencoba untuk menyusui bayi meski ASI belum keluar).

Produksi ASI di pengaruhi faktor Fisik dan Psikologis. Apabila kedua faktor tersebut terganggu, maka produksi ASI juga akan terhambat, bahkan menyebabkan ASI tidak keluar. Adapun Faktor fisik yang berpengaruh terhadap produksi ASI adalah:
  • Asupan gizi ibu menyusui tidak terpenuhi dengan baik. Kurang mengkonsumsi makanan yang bervariasi, khususnya sayur dan buah-buahan.
  • Faktor Kesehatan Ibu Menyusui termasuk faktor hormonal (hormon testosterone) dan waktu istirahat yang cukup juga akan mempengaruhi produksi ASI.

Faktor Psikologis Penyebab ASI tidak Keluar

Selain faktor fisik tersebut di atas, tidak keluarnya ASI atau produksinya yang berkurang juga bisa disebabkan karena faktor psikologis, yang diantaranya adalah:

Perasaan Tidak Nyaman (perasaan takut, marah, gelisah, sedih, kesal, cemas, malu atau nyeri) pada Ibu Menyusui, akan menghambat dan meningkatkan pengeluaran oksitoksin yang akhirnya mengurangi ASI. Dan untuk mengatasi hal tersebtu, Ibu Menyusui harus bahagia, senang, bangga, memeluk dan mencium bayinya sehingga ASI akan tatap keluar mencukupi kebutuhan Bayi.

Rasa Yakin pada ibu untuk bisa menyusui Bayinya selama 6 bulan, secara tidak langsung akan meningkatkan produksi ASI dan membantu kelancaran proses menyusui.

Berpikiran Negatif, menjadi faktor pendukung agar ASI tidak keluar untuk memenuhi kebutuhan Bayi. Untuk itu anda harus percaya diri, hormon di dalam tubuh terpacu untuk memproduksi ASI terus menerus.

Kurangnya Dukungan orang terdekat (suami dan anggota keluarga lainnya) juga akan mempengaruhi Produksi ASI Ibu Menyusui. Dukungan mereka sebenarnya akan sangat membantu berhasilnya seorang ibu untuk menyusui saat setelah persalinan dan berlanjut sampai usia bayi 6 bulan. Begitu pula dukungan dari lingkungan pekerjaan (bagi wanita karier), seperti tersedianya ruangan khusus untuk memerah ASI dan lemari es untuk menyimpan ASI yang telah di perah. Semakin sering ASI dikeluarkan, maka produksinya akan tetap terjaga.

Ringkasan:
  • Penyebab ASI Tidak Keluar Pasca Persalinan bisa disebabkan oleh faktor Fisik dan Psikologis,
  • Faktor Fisik yang mempengaruhi Produksi ASI adalah Asupan Gizi, Kesehatan dan Hormonal,
  • Faktor Psikologis yang menyebabkan ASI tidak keluar adalah Rasa Tidak Nyaman,Tidak Yakin, Tidak Percaya Diri dan Kurang Dukungan dari Suami dan Keluarga di sekitar.

Post a Comment for "Penyebab ASI Tidak Keluar Pasca Persalinan"