Gejala Penyakit Diabetes pada Anak dan Wanita


Gambar Gejala Penyakit Diabetes
Gejala Penyakit Diabetes bervariasi tergantung jenis diabetes diderita oleh pasien. Bagi anda yang memiliki penyakit prediabetes (kadar gula darah lebih tinggi dari normal, namun belum bisa dikategorikan sebagai diabetes) atau gestational diabetes (gula darah meningkat saat kehamilan) biasanya tidak akan mengalami gejala, dan sulit diketahui, kecuali dengan cek gula darah.

Sedangkan Penyakit Diabetes mellitus terjadi karena kadar gula dalam darah lebih tinggi dari pada normal. Hal tersebut disebabkan karena adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh, dimana organ pankreas tidak bisa memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Sehingga penderita diabetes tidak boleh terlalu banyak mengkonsumsi glukosa, untuk menghindari masalah serius pada tubuh anda.

Gejala Penyakit Diabetes Pada Anak

Gejala diabetes tipe 1 pada anak tidak mudah, karena mempunyai gejala yang mirip dengan penyakit Influenza, dan kadang gejalanya  muncul setelah penyakit diderita cukup lama. Adapun gejala awal yang bisa menjadi acuan adalah sebagai berikut:

  • Sering Kencing, dalam jumlah yang banyak karena ginjal ingin membersihkan kelebihan glukosa di dalam sirkulasi darah.
  • Banyak minum, Karena banyaknya cairan yang dikeluarkan, menyebabkan anak menjadi lebih mudah haus.
  • Berat Badan Berkurang, karena tubuh tidak bisa lagi memproses glukosa untuk energi dan mulai memecah otot dan cadangan lemak untuk menghasilkan energi bagi sel-sel yang lapar. Hal ini menyebabkan nafsu makan anak normal namun berat badan anak sulit naik.
  • Mudah lelah, karena tubuh anak tidak mampu memproses glukosa untuk energi.
  • Sering Kesemutan, karena pembuluh darah rusak, menyebabakan darah yang mengalir di ujung–ujung saraf menjadi berkurang.
  • Luka yang sulit sembuh, disebabkan karena efek lain kerusakan pembuluh darah dan saraf. Hal ini mengakibatkan penderita diabetes tidak merasakan sakit yang berarti jika mengalami luka. Hal ini juga sering menjadi penyebab luka yang kecil menjadi lebih besar dengan cepat.

Gejala Penyakit Diabetes Pada Wanita

Gejala Penyakit Diabetes pada wanita, sebenarnya menimbulkan gejala khusus. Namun memang gejala khusus tersebut sering tidak disadari. Di bawah ini ada beberapa gejala diabetes pada wanita yang harus diwaspadai dan segera dikonsultasikan ke dokter, diantaranya:
  1. Infeksi vagina dengan gejala keputihan secara berulang, dan tidak juga sembuh meski telah mendapatkan pengobatan.
  2. Wanita yang menderita diabetes lebih mudah terserang infeksi jamur di daerah organ intim,  karena memiliki kelembaban yang cukup tinggi.
  3. Mengalami gangguan fungsi hormonal karena aliran darah yang tidak lancar.
  4. Mengalami polycystic ovarian syndrome (keseimbangan hormon yang menganggu sistem reproduksi wanita).
  5. Wanita mempunyai kadar kolesterol yang lebih tinggi dibanding pria.
Ringkasan:
  • Gejala Penyakit Diabetes terjadi karena kadar gula dalam darah yang lebih tinggi dari pada normal.
  • Penyebab Diabetes adalah organ pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin untuk mencerna glukosa dalam tubuh.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger