Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Periksa Kehamilan Perlu Memperhatikan Tiga Hal Penting

Tips Periksa Kehamilan
Periksa Kehamilan adalah hal yang wajib dilakukan mulai dari usia kehamilan masih muda sampai menjelang persalinan, dan dilakukan rutin minimal 1 bulan sekali dan 2 minggu sekali setelah usia kehamilan mendekati persalinan. Pemeriksaan ini bertujuan mengetahui kondisi kesehatan janin maupun ibunya. Dengan periksa kehamilan rutin, maka diharapkan dapat mengurangi angka kematian ibu dan janin saat masih di dalam kandungan, atau bayi setelah persalinan.

Namun, masih ada beberapa tempat pemeriksaan kehamilan, mulai dari bidan, pukesmas, Rumah Sakit Pemerintah atau Rumah Sakit swasta, yang ternyata tidak memiliki kualitas yang baik sehingga tidak cukup untuk menunjang kesehatan ibu hamil. Dan bagi anda, yang saat ini masih mencari, tempat yang tepat untuk pemeriksaan kehamilan, sebaiknya memperhatikan tiga aspek penting, yang diantaranya adalah:

Pertama, berat badan ibu hamil harus ditimbang dan dijelaskan. Peningkatan Berat Badan Ibu Hamil per trimester menjadi salah satu indikator kehamilan yang sehat. Untuk ibu hamil dengan indeks massa tubuh normal, peningkatan berat badan normal pada trimester pertama adalah 0.5 Kg per minggu hingga total kenaikan berat badan ibu hamil di trimester ketiga adalah 12,7 sampai dengna18,2 kilogram. Namun memang antara satu orang dengan orang lain akan berbeda, disesuaikan dengan IMT sebelum Hamil.

Kedua, dokter atau bidan melakukan memeriksa tekanan darah dan menjelaskan, kondisi yang sebenarnya. Tekanan darah pada ibu hamil harusnya normal (120/80) atau malah lebih rendah, karena tubuh ibu hamil secara alami akan lebih mengencerkan dan menambah volume darah dalam tubuh. Apabila tekanan darahnya tinggi di atas 130/90 (preeklamsia) maka harus segera diturunkan.

Ketiga, dokter atau bidan harus menjelaskan risiko-risiko kehamilan dan cara menjaga kehamilan agar tetap sehat. Hal ini penting dilakukan untuk ibu yang baru hamil pertama, kedua, ketiga, bahkan yang sudah berkali-kali hamil. Karena semakin sering hamil risikonya akan lebih tinggi.

Waktu Pemeriksaan Ibu Hamil yang ideal adalah 10-15 menit .Pemeriksaannya memang cepat, namun penjelasan menjaga kehamilan agar tetap sehat adalah hal yang penting dan tidak bisa dalam waktu yang singkat.

Ringkasan:
  • Periksa Kehamilan Perlu Memperhatikan Kenaikan Berat Badan, Tekanan Darah dan Penjelasan Resiko Kehamilan,
  • Waktu Ideal Pemeriksaan Ibu Hamil adalah antara sepuluh hingga lima belas menit.

Post a Comment for "Periksa Kehamilan Perlu Memperhatikan Tiga Hal Penting"