Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Makanan Pendamping ASI untuk bayi yang terbaik

Makanan Pendamping ASI untuk bayi memang sudah boleh dikenalkan saat usianya lebih dari 6 bulan. Dan selama usia bayi 0-6 bulan makanan yang hanya boleh diberikan adalah ASI. Namun memang memberikan makanan pendamping ASI tidaklah mudah, karena kebutuhan gizi dan minat bayi terhadap makanan terkadang tidak sesuai.

Namun bagaimanpun pada usia lebih dari 6 bulan, bayi harus diperkenalkan oleh MPASI, agar kebutuhan nutrisi bayi terpenuhi dan pertumbuhannya menjadi lebih maksimal. Adapun tips saat memperkenalkan Makanan Pendamping ASI adalah sebagai berikut:

Anak Mau Memakan

Agar anak mau memakan MPASI, perlu memperhatikan rasa dan teksture makanan yang disukai. Mau atau tidaknya bayi memakan MPASI ternyata telah dipengaruhi saat dirinya didalam kandungan. Ibu yang saat hamil lebih banyak makanan yang bergizi dan bervariasi makan bayi akan lebih mudah mengenali dan menyukai rasa makanan MPASI.

Berat Badan Naik

Cara paling mudah apakah bayi menyukai atau tidak MPASI adalah dengan memperhatikan peningkatan berat badan bayi dari minggu ke minggu, bayi tidak muntah, BAB encer, dan alergi . Apabila ada kenaikan secara normal maka Makanan Pendamping ASI yang anda berikan cocok untuk buah hati.

Pilih MPASI yang Mudah Di Dapat

Makanan Pendamping ASI untuk bayi, tidak perlu dibuat terlalu menyulitkan, namun gunakan dari bahan yang mudah ditemui di lingkungan tempat tinggal anda. Sebagai contoh apabila anda tinggal di Jawa, maka sebaiknya MPASI tidak dari bahan yang hanya tumbuh di Papua, karena tentu akan sangat merugikan.

Ringkasan:
  • Makanan Pendamping ASI yang tepat adalah pilih yang mudah didapat, anak mau memakannya, dan ditandai dengan berat badan naik,
  • Indikasi singkat makanan pendamping ASI yang cocok adalah tidak muntah dan BAB bayi tidak encer.

Post a Comment for "Makanan Pendamping ASI untuk bayi yang terbaik"