Home » , , » Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Makanan Sehat apabila dikonsumsi secara rutin tentu dapat meningkatkan daya tahan tumbuh, dan akan sangat berfungsi untuk mencegah penyakit. Seperti di musim flu seperti sekarang ini, Anda membutuhkan strategi diet yang tepat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun asupan makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda, adalah sebagai berikut:

Makanan Mengandung Vitamin D

Vitamin D yang terpenuhi akan memaksimalkan sistem imun tubuh anda Anda. Adapun Sumber vitamin D, bisa di dapatkan dari ikan salmon, susu fortifikasi, atau suplemen vitamin D. Pentingnya vitamin D untuk daya tahan tubuh ini telah diteliti dengan melibatkan lebih dari 300 anak di jepang. Hasilnya merekan yang rutin mengkonsumsi suplemen vitamin D (1.200 IU) lebih jarang terkena penyakit flu.

Hal tersebut juga diperkuat oleh Adit Ginde, seorang peneliti kesehatan masyarakat dari University of Colorado School of Medicine di Denver yang mengatakan penelitian laboratorium menunjukkan nutrisi dapat membantu sel imun untuk mengidentifikasi dan mengatasi virus penyebab penyakit.

Makanan Berserat

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tikus yang dimuat di jurnal Brain, Behaviour and Immunity, menunjukkan pola makan kaya serat mudah larut selama enam minggu diketahui dapat mempercepat pemulihan dari infeksi bakteri. Jenis serat mudah larut yang efektif melawan inflamasi tersebut bisa didapatkan dari buah citrus, apel, oat, wortel, dan kacang-kacangan. Dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, anda bisa mengkonsumsi serat mudah larut dengan jumlah 25-38 gram perhari.

Mengurangi Kalori Harian

Orang dewasa yang mengalami obesitas dapat meningkatkan daya tahan tubuh hingga 50% dengan mengurangi asupan kalori 1/3 dari asupan kalori harian. Penelitian yang dilakukan selama enam bulan di Tufts University menunjukkan bahwa pembatasan kalori bisa mengurangi level senyawa di tubuh yang menekan respons sistem imun tubuh manusia.  Dan pengurangan kalori untuk meningkatkan daya tahan tubuh ini juga berlaku untuk orang dewasa dengan berat badan normal.

Konsumsi makanan yang berlebihan dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sehingga dengan mengurangi jumlah makanan harian, secara otomatis Anda harus lebih fokus pada kualitas makanan yang lebih sehat. Usahakan lebih banyak  mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari, dan pilih protein seperti ikan, ayam, susu rendah lemak disertai olahraga teratur demi menjaga daya tahan tubuh anda tetap maksimal.

Ringkasan:
  • Makanan sehat akan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah datangnya berbagai penyakit terutama flu,
  • Makanan Sehat untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh adalah mengandung Vitamin D, Serat dan berkalori rendah,
  • Makanan Sehat harus dikonsumsi secara rutin dan disertai dengan olahraga yang cukup.


Comments
0 Comments

0 komentar:

Support : Profil Saya |
Copyright © 2013 - 2017. Tips Kesehatan Untuk Keluarga - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger